Kemenag: Toa Masjid Bukan untuk Bangunkan Sahur

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 24 Apr 2021 06:17 WIB
Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin,
Foto: dok. Kemenag
Jakarta -

Artis Zaskia Adya Mecca memprotes soal cara membangunkan sahur dengan teriakan melalui Toa masjid. Kementerian Agama memastikan Toa masjid bukan untuk membangunkan sahur.

"Penggunaan Toa masjid itu sudah ada aturannya, tidak boleh digunakan untuk hal-hal yang tidak sesuai peruntukannya," kata Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin saat dihubungi, Jumat (23/4/2021).

Kamaruddin menegaskan fungsi Toa masjid bukan untuk membangunkan orang sahur. Dia meminta agar masyarakat membangunkan sahur dengan cara-cara yang baik.

"Toa masjid tidak untuk dipakai membangunkan sahur, kita mengimbau masyarakat menggunakan cara-cara yang baik, tidak mengganggu orang lain," ucapnya.

Sebelumnya, dalam video yang diunggah di Instagram seperti dilihat Jumat (23/4/2021), Zaskia Adya Mecca bertanya-tanya model membangunkan sahur dengan berteriak di Toa masjid. Dia bingung kalau cara itu disebut tengah hits alias tren.

"Cuma mau nanya ini bangunin model gini lagi HITS katanya?! Trus etis ga si pake toa masjid bangunin model gini?? Apalagi kita tinggal di Indonesia yang agamanya pun beragam.. Apa iya dengan begini jadi tidak mengganggu yang lain tidak menjalankan Shaur?!" tulis Zaskia Adya Mecca.

Lihat juga video 'Gegara Toa Sahur, Zaskia Adya Mecca Trending di Twitter':

(maa/idn)