Komnas Perempuan Minta Haga Mars Kampanyekan Setop Lelucon Perkosaan

Zunita Putri - detikNews
Jumat, 23 Apr 2021 21:41 WIB
Haga Mars
Foto: Instagram @haga_mars
Jakarta -

Haga Mars menjadi perbincangan di media sosial setelah kontennya di TikTok dinilai melecehkan perempuan. Komnas Perempuan angkat bicara soal kasus ini.

Ketua Komnas Perempuan Andy Yentriyani mengapresiasi Haga Mars yang menyesali perbuatannya sekaligus meminta maaf ke publik. Namun Haga Mars dinilai perlu berbuat lebih.

"Perlu ditindaklanjuti dengan langkah korektif yang menunjukkan itikad sungguh-sungguh atas penyesalan itu," ujar Andy kepada detikcom, Jumat (23/4/2021).

"Termasuk di dalamnya adalah dengan turut berkampanye secara proaktif dan berkelanjutan pada langkah-langkah mengakhiri seksisme dan lelucon perkosaan itu, termasuk dengan mempelajari dan mendukung kampanye pengesahan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual," lanjut dia.

Andy meminta segenap masyarakat menaruh perhatian lebih dan bekerja sama memutus rantai konten-konten lelucon pemerkosaan. Konten-konten pelecehan, seperti yang dilakukan Haga Mars, sudah sering kali terjadi.

"Bahkan akhir-akhir ini dalam jeda yang singkat, menunjukkan bahwa tanggung jawab sosial terus digerus untuk mendapatkan keuntungan individual," tutur Andy.

Baru-baru ini, Haga Mars viral karena salah satu kontennya dianggap melecehkan profesi dokter. Dalam konten itu, Haga Mars berpakaian ala dokter kandungan yang baru saja membantu proses persalinan. Dia dikecam karena aktingnya dinilai menjurus ke ekspresi mesum.

Terkait kontennya itu, Haga Mars juga sudah menyampaikan permohonan maaf. Dia mengaku tidak bermaksud melecehkan perempuan dalam konten itu.

"Assalamualaikum, selamat malam. Terima Kasih untuk semua pihak yang telah menegur saya dengan me-repost beberapa video dari akun TikTok saya (hagamars2), perkenalkan saya Haga yang membuat konten POV (point of view) di TikTok pada akun hagamars2 dengan maksud tujuan hanya berakting seperti di film dengan platform TikTok sebagai wadah saya untuk berkarya," tulis akun @haga_mars seperti dilihat detikcom, Kamis (22/4).

"Saya memohon maaf sebesar-besarnya atas konten saya yang menyinggung beberapa pihak," sambungnya.

Sebelum Haga Mars, konten TikTok dr Kevin Samuel juga menuai kecaman. Dia dikecam karena membuat konten TikTok 'persalinan' dengan ekspresi mesum. Tidak lama berselang, dia membuat video klarifikasi sekaligus permintaan maaf.

Simak video 'Permintaan Maaf TikTokers Haga Mars Usai Konten Rape Jokes Viral':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/idn)