Basarnas Makassar Kirim KN Kamajaya Cari KRI Nanggala-402

Reinhard Soplantila - detikNews
Jumat, 23 Apr 2021 05:09 WIB
KN Kamajaya dikerahkan bantu cari NRI Nanggala-402 yang hilang di Bali
Foto: KN Kamajaya (dok. Basarnas Makassar)
Makassar -

Basarnas Makassar, Sulsel, turut memberikan bantuan dalam operasi pencarian KRI Nanggala-402 yang hilang di sekitar selat Bali. Basarnas Makassar mengirimkan kapal KN Kamajaya ke wilayah perairan Banyuwangi untuk mencari KRI Nanggala-402.

"Baik malam ini KN SAR Kamajaya diperintahkan untuk melaksanakan perbantuan di perairan Banyuwangi dalam rangka pelaksanaan operasi sar terhadap satu kapal selam Nanggala yang hilang di perairan Banyuwangi yang diperkirakan di posisi yang dimaksud," ujar Kakansar Makassar, Djunaidi, pada Jumat (23/4/2021).

KN Kamajaya diberangkatkan melalui pelabuhan Paotere, Makassar, Sulsel, pada hari Kamis (22/4) sekitar pukul 20.00 WITA. KN Kamajaya nantinya akan digunakan untuk melakukan pendeteksian material KRI Nanggala yang berada di perkirakan di sekitar ke dalaman ratusan meter.

"Diberangkatkan KN Kamajaya atas perintah Kepala Badan Nasional, pencarian dan pertolongan malam ini untuk segara diberangkatkan dan difungsikan untuk mendeteksi barang tersebut di kedalaman ratusan meter di wilayah perairan Banyuwangi," kata Djunaidi.

Selain bantuan kapal, Basarnas Makassar juga turut memberikan bantuan personel. Total terdapat 29 orang personil yang di dalamnya terdapat tehnisi dan rescuer.

"Serta ada kru berjumlah 22 orang, 2 tehnisi kami bawa dan untuk rescuer lima orang, hingga keseluruhan di atas kapal kamahaya berjumlah 29 orang," sebut Djunaidi.

Untuk KN Kamajaya beserta para personil Basarnas Makassar ini diperkirakan akan sampai pada hari Jumat (23/4) ini. Mereka juga diminta untuk langsung bekerja dengan melihat kondisi cuaca di lokasi.

"Semoga malam ini hingga besok bisa tiba di wilayah yang dimaksud dengan selamat dan diberikan perhatian kepada seluru kru agar berhati - hati melihat kondisi cuaca sampai di tujuan selamat dan tidak terjadi apa-apa demikian dan terimakasih," pungkas Djunaidi.

Tonton juga Video "KSAL: Kondisi KRI Nanggala-402 Dalam Keadaan Baik-Siap Tempur":

[Gambas:Video 20detik]



(lir/lir)