Analisis Pakar soal Penyebab Hilangnya KRI Nanggala-402

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Jumat, 23 Apr 2021 03:40 WIB
Kapal selam RI dikabarkan hilang kontak di perairan utara Bali. Kapal selam yang hilang itu adalah kapal selam TNI AL KRI Nanggala-402. Seperti apa potretnya?
Foto: KRI Nanggala-402 (ANTARA FOTO/Syaiful Arif.)
Jakarta -

Kapal selam milik TNI AL KRI Nanggala-402 hingga kini belum ditemukan usai hilang di perairan Pulau Bali. Penyebab kapal selam ini hilang kontak belum diketahui.

Peristiwa ini terjadi ketika KRI Nanggala-402 mengikuti latihan penembakan torpedo di perairan Bali pada Rabu (21/4) dini hari. Setelah diberi izin untuk menembakkan torpedo, kapal selam itu tidak merespons.

Kapal ini sebenarnya memiliki riwayat menembak torpedo kepala latihan ini 15 kali dan menembak torpedo kepala perang itu 2 kali. Penembakan tepat sasaran. Kapal ini dipastikan dalam kondisi siap tempur.

Penyebab KRI Nanggala-402 hilang kontak masih menjadi tanda tanya. TNI AL menduga kapal mengalami black out sehingga hilang kendali dan tidak dapat timbul ke permukaan.

Analisis mengenai penyebab KRI Nanggala-402 pun mencuat. Salah satu analisisnya adalah terkait masalah teknis.

Seperti diketahui, KRI Nanggala-402 hilang saat latihan penembakan torpedo. Pakar kapal selam Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Wisnu Wardana, memaparkan analisisnya mengenai apa yang mungkin terjadi saat penembakan torpedo.

"Proses memasang torpedo itu ada tabung torpedo dalam kapal selam itu, torpedo masuk, pintu luar ditutup, pintu luar juga harus ditutup, itu prosedur penembakan torpedo. Kemudian pintu luar dibuka, air akan masuk di dalam tabung torpedo itu, nah baru kemudian ditembakkan lah torpedo," kata Wisnu saat dihubungi, Kamis (22/4/2021).

Lihat Video "KSAL: Kondisi KRI Nanggala-402 Dalam Keadaan Baik-Siap Tempur":

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2