detikKultum bersama Ustaz Hanan Attaki: Mengganti Kesalahan dengan Kebaikan

Trisna Wulandari - detikNews
Kamis, 22 Apr 2021 20:25 WIB
Jakarta -

Bulan Ramadhan adalah bulan ketika manusia bersemangat mengerjakan sebanyak mungkin amal saleh. Sebab, pada bulan Ramadhan, Allah melipatgandakan pahala-pahala amal saleh hamba-Nya lebih dari bulan lain.


"Siapa yang melakukan ibadah sunnah atau nafilah di bulan Ramadhan, maka pahalanya seperti melakukan ibadah yang wajib. Siapa yang melakukan ibadah wajib di bulan Ramadhan, pahalanya seperti melakukan sepuluh kali ibadah wajib di bulan lainnya," tutur Ustaz Hanan Attaki dalam detikKultum episode Mengganti Kesalahan dengan Kebaikan, Kamis (22/4).



Bulan Ramadhan juga menjadi kesempatan istimewa agar seseorang dapat mengganti dosa yang lalu dengan kebaikan.

"Nabi SAW bersabda, "Iringilah keburukan dengan kebaikan, karena kebaikan menghapus keburukan"," terang Ustaz Hanan Attaki.


Bekerja dengan tekun dan untuk Allah, berlapang dan bersyukur kepada Allah, serta berbagi senyum juga termasuk kebaikan sederhana yang dapat mengganti dosa.


Ustaz Hanan Attaki kemudian mengajarkan amalan-amalan yang dapat menghapus dosa kesalahan di masa lalu, serta firman Allah dan hadits Rasulullah tentang upaya untuk menyertai kesalahan yang lalu dengan amal kebaikan.


Selengkapnya detikKultum bersama Ustaz Hanan Attaki: Mengganti Kesalahan dengan Kebaikan tonton DI SINI.

(erd/erd)