detikKultum bersama Ustaz Hanan Attaki: Secret of Takjil

Trisna Wulandari - detikNews
Senin, 19 Apr 2021 20:50 WIB
Jakarta -

Salah satu amalan istimewa di bulan Ramadhan adalah memberi makan orang yang hendak buka puasa. Ustaz Hanan Attaki menuturkan, siapapun yang berpuasa dapat dibantu dengan diberi makanan saat berbuka, tanpa perlu pandang kualitas puasanya.


Ia menambahkan, ada banyak keutamaan dan balasan Allah pada orang yang memberikan takjil atau makanan pada orang yang hendak buka puasa, kendati amalan ini termasuk amalan yang mudah.


"Mampir ke masjid, lalu memberi air mineral, itu sudah termasuk (dapat dikatakan) memberi makanan. Atau sekadar membeli jajanan saat ngabuburit, sebagian makanan kita taruh di rumah, sebagian makanan kita titipkan di masjid, atau kita berikan makanan tersebut pada orang yang kita temui di jalan, atau orang miskin yang kita ketahui. Maka, kita mendapat pahala luar biasa dari sini," tutur Ustaz Hanan Attaki dalam detikKultum episode Secret of Takjil, Senin (19/4).


Dari anjuran di atas, salah satu kebiasaan yang dapat kita mulai di bulan Ramadhan yakni menyisihkan sedikit rezeki, lalu memberikan makanan untuk orang berbuka puasa dari sedikit rezeki tersebut, walau hanya untuk jatah satu orang saja.


"Siapkan diri kita, sedikit kelebihan rezeki kita, mudah-mudahan dengan begitu Allah SWT memberikan banyak bonus pahala untuk kebaikan kita di dunia dan di akhirat," jelas Ustaz Hanan Attaki.


Ustaz Hanan Attaki kemudian menjelaskan firman Allah dan hadits Rasulullah SAW akan keutamaan memberi makanan pada orang yang hendak berbuka puasa di bulan Ramadhan.


Selengkapnya detikKultum bersama Ustaz Hanan Attaki: Secret of Takjil tonton DI SINI.

(erd/erd)