Peneliti UI Sebut Kasus Joseph Paul Zhang Bisa Picu Terorisme

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 22 Apr 2021 11:49 WIB
Jozeph Paul Zhang (Screenshot YouTube)
Jozeph Paul Zhang (Screenshot YouTube)
Jakarta -

Kecaman dan seruan untuk segera menangkap Jozeph Paul Zhang terus bergulir. Jozeph Paul Zhang dikecam karena diduga menista agama dan mengaku sebagai nabi ke-26.

Salah satu seruan agar segera menangkap Jozeph Paul Zhang itu datang dari peneliti terorisme UI Ridlwan Habib. Dia menilai kasus Paul Zhang bisa memicu aksi terorisme.

"Ini kasus yang superserius. Sangat sensitif dan berbahaya bagi kenyamanan hidup rukun beragama di Indonesia," ujar Ridlwan dalam keterangan tertulisnya, Rabu (22/4/2021).

Ridlwan mendorong Polri agar segera membuat tim khusus untuk mengejar Paul Zhang di luar negeri.

"Tentu saja bekerja sama dengan Interpol, makin cepat makin baik. Paul jelas identitas keagamaannya, ini berbahaya, karena bisa jadi alasan pembenaran bagi kelompok teror melakukan aksinya," ungkapnya.

Selain itu, Ridlwan mengimbau pengamanan dilakukan terhadap keluarga Paul di Tegal maupun tempat lain di Indonesia harus diperketat. Hal ini untuk mengantisipasi kemarahan mereka yang tersinggung atas pernyataan Paul.

"Kelompok teroris yang marah dengan Paul Zhang bisa melampiaskan kemarahannya secara membabi buta, termasuk pada keluarga atau tekan rekan Paul di Indonesia," ujarnya.

Tonton Video: Polri Koordinasi dengan Imigrasi untuk Cabut Paspor Jozeph Paul Zhang

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2