Bareskrim Timbang Ulang Bikin Joseph Paul Zhang Stateless

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Kamis, 22 Apr 2021 03:38 WIB
Jozeph Paul Zhang (Screenshot YouTube)
Foto: Jozeph Paul Zhang (Screenshot YouTube)
Jakarta -

Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto sempat mengatakan paspor Shindy Paul Soerjomoelyono alias Jozeph Paul Zhang akan dicabut. Namun, kini Agus mengaku masih mempertimbangkan hal itu.

"Sudah, tadi koordinasi dengan Imigrasi, kita pertimbangkan," ujar Agus saat ditemui di Mabes Polri, Rabu (21/4/2021).

Dia mengaku khawatir Jozeph menjadi orang tanpa kewarganegaraan. Agus mengatakan hal itu bisa membuat Jozeph kabur ke negara lain.

"Kalau dia (Jozeph) menjadi stateless kan bisa kemana-mana, biar aja dulu," ucapnya sambil berlalu.

Sebelumnya, Polri berkoordinasi dengan pihak Imigrasi Kemenkum HAM untuk mencabut paspor tersangka kasus dugaan penodaan agama, Jozeph Paul Zhang. Jika paspornya sudah dicabut, Jozeph Paul Zhang bakal dideportasi.

"Untuk JPZ aliass SPS sementara ini kan masih pemegang Paspor Indonesia, nanti akan dideportasi juga kalau paspornya dicabut. Kita sedang upayakan koordinasikan dengan Imigrasi untuk cabut paspor yang bersangkutan," kata Kabareskrim Komjen Agus Andrianto kepada detikcom, Selasa (20/4).

Penjelasan mengenai status kewarganegaraan Jozeph Paul Zhang juga disampaikan Kementerian Hukum dan HAM. Kemenkum menyatakan, tidak ada data permohonan kehilangan kewarganegaraan atas nama tersebut.

"Tidak ada data permohonan kehilangan kewarganegaraan atas nama yang bersangkutan (Jozeph Paul Zhang atau Shindy Paul Soerjomoelyono-red)," kata Direktur Tata Negara Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (AHU) Kemenkum HAM, Baroto, saat dikonfirmasi detikcom secara terpisah.

"Yang bersangkutan tidak terdata sebagai orang yang dinyatakan kehilangan WNI," sambungnya menegaskan.

Simak Video: Polri Koordinasi dengan Imigrasi untuk Cabut Paspor Jozeph Paul Zhang

[Gambas:Video 20detik]



(haf/fjp)