Round-up

Menanti Kabar soal Kapal Selam KRI Nanggala-402 Hilang di Bali

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 22 Apr 2021 03:11 WIB
Kapal selam RI dikabarkan hilang kontak di perairan utara Bali. Kapal selam yang hilang itu adalah kapal selam TNI AL KRI Nanggala-402. Seperti apa potretnya?
KRI Nanggala-402 (Foto: ANTARA FOTO/Syaiful Arif)
Jakarta -

Kapal selam milik TNI Angkatan Laut (AL) dilaporkan hilang kontak saat latihan penembakan torpedo di laut utara Bali. Hingga kini belum ada keterangan resmi dari pihak TNI terkait keberadaan kapal selam tersebut.

Kapal selam dengan nomor lambung KRI Nanggala-402 itu rencananya akan unjuk gigi di depan Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo hari ini.

"Iya (53 orang), (terdiri dari-red) 49 (kru) ditambah ada komandan kapal, lainnya ada yang ikut 3 dari arsenalnya," kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto kepada detikcom perihal jumlah manifes dalam kapal selam yang hilang kontak itu, Rabu (21/4/2021) sore.

Pencarian kapal selam yang hilang kontak tersebut sedang dilakukan. TNI mengeluarkan seluruh armada kompeten untuk mencari kapal selam tersebut.

"Seluruh kapal milik TNI yang memiliki kemampuan mencari benda di bawah permukaan air kami kerahkan," ucap Hadi.

TNI menggandeng Australia dan Singapura dalam pencarian kapal selam KRI Nanggala-402 ini. TNI telah melakukan komunikasi dengan Singapura dan Australia.

"Kan kita selama ini punya kerja sama ya. Kalau pencarian dan sebagainya terkait dengan kecelakaan latihan, dengan Singapura maupun Australia. Sudah kita laksanakan kita komunikasikan," tutur Hadi.

"Terakhir komunikasi ketika 04.30 mau laksanakan penembakan sudah tidak ada komunikasi," imbub dia.

Hadi menyebut kapal selam Nanggala-402 sudah biasa dioperasikan. Kapal selam tersebut buatan Jerman.

"Kan itu kapal buatan Jerman tahun 1979. Sudah biasa kita operasikan," terang Hadi.

Simak Video: Pencarian Besar-besaran KRI Nanggala-402 yang Hilang Kontak di Bali

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3