Kapal Selam KRI Nanggala-402 Diduga Black Out hingga Hilang Kendali

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 21 Apr 2021 21:03 WIB
KRI Nanggala 402 pada tahun 2014
Kapal Selam RI Nanggala-402 sebelum dilaporkan hilang. (ANTARA FOTO/Eric Ireng)
Jakarta -

Kapal selam RI Nanggala-402 dilaporkan hilang kontak di perairan sisi utara Bali. TNI AL menganalisis sementara KRI Nanggala-402 diduga mengalami mati listrik (black out) dan hilang kendali sebelum tenggelam.

"Kemungkinan saat menyelam statis terjadi black out sehingga kapal tidak terkendali," kata Kadispenal Laksamana Pertama TNI Julius Widjojono, saat dihubungi, Rabu (21/4/2021).

Julius mengatakan kapal selam juga tidak dapat melaksanakan prosedur darurat lantaran mengalami black out. Menurutnya, seharusnya ada tombol darurat agar kapal bisa kembali timbul ke permukaan.

"Kapal tidak terkendali dan tidak dapat dilaksanakan prosedur kedaruratan, harusnya ada tombol darurat untuk mengembus supaya kapal bisa timbul ke permukaan," ucapnya.

Tak hanya itu, Julius menyampaikan terkait adanya tumpahan minyak di sekitar area tenggelam KRI Nanggala-402. Menurutnya, itu membuktikan adanya dugaan keretakan pada tangki BBM kapal selam.

"Terjadinya tumpahan minyak di sekitar area tenggelam, kemungkinan terjadi kerusakan tangki BBM (retak) karena tekanan air laut atau pemberian sinyal posisi dari KRI NGL-402," ujarnya.

Tonton video 'Ini Spesifikasi Kapal Selam Nanggala-402 yang Hilang di Bali':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya TNI AL menyimpulkan sementara KRI Nanggala-402 tenggelam.

Selanjutnya
Halaman
1 2