Cara Beda Polwan Bandara Soekarno-Hatta Peringati Hari Kartini

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 21 Apr 2021 21:04 WIB
Polwan Polres Bandara soekarno-Hatta turun bagi-bagi menu sahur di Hari Kartini
Foto: Polwan Polres Bandara soekarno-Hatta turun bagi-bagi menu sahur di Hari Kartini (dok.Polres Bandara Soekarno-Hatta)
Jakarta -

Peringatan Hari Kartini tahun ini dimaknai berbeda oleh polisi wanita (polwan) Polres Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Para polwan Polres Bandara Soetta turun aktif membagikan ratusan paket makan sahur kepada masyarakat di Bandara Soetta.

"Polwan Polresta Bandara Soekarno-Hatta dalam rangka memperingati Hari Kartini 2021 membagikan 200 (dua ratus) paket makan sahur kepada masyarakat pengguna jasa Bandara Soekarno-Hatta," kata Wakapolresta Bandara Soekarno-Hatta AKBP Yessi Kurniati dalam keterangannya, Rabu (21/4/2021).

Kegiatan itu dilakukan dini hari tadi sekitar pukul 03.00 WIB. Yessi menyebut seluruh jajaran polwan Bandara Soetta ikut turun tangan dalam kegiatan tersebut.

Ada alasan kenapa kegiatan membagikan paket makanan sahur dipilih jajarannya dalam merayakan Hari Kartini. Menurut Yessi, kegiatan itu bisa menjadi salah satu contoh kecil bagaimana polwan hadir di tengah masyarakat.

Selain itu, dia menyebut kegiatan tersebut juga sesuai dengan program Ramadhan Barokah yang digagas Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran selama bulan Ramadhan tahun ini.

"Kegiatan ini untuk mewujudkan emansipasi dan peran wanita dalam hal ini polisi wanita dalam momen Hari Kartini 21 April 2021 untuk turut menghidupkan suasana Ramadhan Barokah serta turut mewujudkan dukungan bantuan dan emansipasi pada masa pandemi COVID-19," ungkap Yessi.

21 April sendiri diketahui menjadi hari istimewa bagi perempuan Indonesia. Tanggal tersebut merupakan hari kelahiran dari Raden Ajeng Kartini, tokoh yang dianggap memiliki peran penting dalam gerakan perjuangan perempuan di Indonesia.

Sepanjang hidupnya, Kartini berjuang dalam menghadirkan kesempatan yang setara bagi perempuan di masyarakat. Perjuangan Kartini itu mengilhami banyak perempuan lainnya di masa sekarang.

(ygs/mea)