Jokowi: Saya Dukung Riset Vaksin COVID-19

Antara News - detikNews
Selasa, 20 Apr 2021 17:38 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Foto: Biro Pers Setpres)
Jakarta -

Vaksin Nusantara tengah menjadi polemik. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku mendukung segala bentuk penelitian untuk penanganan pandemi COVID-19.

"Saya mendukung riset," ujar Jokowi di Jakarta, dilansir dari Antara, Selasa (20/4/2021).

Jokowi menegaskan pemerintah akan selalu mendukung siapa pun yang melakukan riset, pengembangan, dan penelitian dalam upaya memutus mata rantai COVID-19. Siapa pun, kata dia, dipersilakan melakukan penelitian.

"Ini kan penelitian, siapa pun silakan untuk membuat vaksin sendiri," kata dia.

Jokowi pun meminta kegaduhan terkait vaksin Nusantara dihentikan. Menurutnya, seharusnya penelitian tentang COVID-19 ini berada di ranah ilmiah, bukan jadi perdebatan politik.

"Kok ramai sih? Mestinya perdebatannya itu perdebatan ilmiah, ini masak politikus ngurusin vaksin, lawyer ngurusin vaksin, apa urusannya?" tegas Jokowi.

Jokowi kemudian berbicara perihal vaksin Merah Putih. Dia mengatakan salah satu vaksin COVID-19 yang sedang diteliti dan dikembangkan di Indonesia adalah vaksin Merah Putih, yang akan bisa digunakan tahun depan.

"Progres yang saat ini kelihatan adalah salah satunya vaksin Merah Putih, meskipun mungkin baru tahun 2022 selesai dan dapat digunakan," kata Presiden.

Lebih lanjut, Jokowi berharap kepada setiap elemen bangsa untuk bersatu dalam upaya mengakhiri pandemi COVID-19.

Simak video 'TNI AD-Menkes-BPOM Sepakati Penelitian Sel Dendritik untuk Atasi Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/fjp)