333 Titik Larangan Mudik Lebaran 2021, Mana Saja?

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Selasa, 20 Apr 2021 13:41 WIB
Warga mulai mudik lebih awal untuk menghindari larangan mudik oleh pemerintah, Seperti terpantau di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Senin (19/4/2021).
Ilustrasi Mudik (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Menyusul larangan mudik lebaran 2021 yang disampaikan pemerintah, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menempatkan 333 titik larangan mudik untuk menghadang mobilitas pemudik pada Lebaran tahun ini. Titik-titik itu disebar di 8 provinsi di seluruh Indonesia.

"Sebanyak 333 lokasi penyekatan arus lalu lintas pada Operasi Ketupat 2021 mulai dari Polda Lampung sampai dengan Polda Bali," ujar Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Rudi Antariksawan kepada wartawan, Rabu (14/4/2021).

Mana saja rinciannya?

Di Wilayah Jawa, Banten, Yogyakarta

Dari 333 titik larangan mudik yang disebut Polri, paling banyak berada di wilayah Jawa. Di Jawa Tengah ada 149 titik, sementara di Jawa Barat sebanyak 132 titik.

Sementara di Banten ada 16 titik, dan DI Yogyakarta sebanyak 10 titik.

Adanya jalur tikus yang biasa dilewati pemudik di daerah Purwokerto membuat polisi menempatkan banyak titik larangan. Nantinya dipastikan tidak ada pemudik yang bisa lolos.

"Tujuan yang paling banyak adalah ini ada di Jawa Tengah, khususnya di daerah Purwokerto, khususnya Banyumas, akan kita survei besok jalurnya mana karena jalur tikus juga banyak," ujar Kakorlantas Polri Irjen Istiono Istiono kepada wartawan di Satpas Daan Mogot, Jakarta Barat, Selasa (13/4).

"Saya jamin tidak akan bisa lolos. Jalan tikus mau yang lebih kecil daripada tikus pun akan kita hadang," tuturnya.

Wilayah Lampung

Sementara itu, dari 333 titik larangan mudik di seluruh Indonesia, Polda Lampung mempersiapkan 8 titik seperti dikonfirmasi Dirlantas Polda Lampung Kombes Donny Damanik melalui Kabag Binops Diltlantas Polda Lampung AKBP Welly Gunawan.

Berikut ini delapan pos penyekatan mudik di Lampung:

1. Pos Seaport Perikanan Way Tuba Kabupaten Way Kanan
2. Pos Lemong Jl Lintas Barat Bandar Agung Kabupaten Lampung Barat
3. Pos Sukau Jl Lintas Sukau Kabupaten Lampung Barat
4. Pos Seaport Pematang Desa Agung Batin Kabupaten Mesuji
5. Pos Pelabuhan Panjang
6. Pos Seaport Pelabuhan Bakauheni
7. Pos Gerbang Tol Bakauheni Selatan
8. Pos Bandar Bakau Jaya Kabupaten Lampung Selatan

Lebih lanjut, pihak kepolisian juga akan memberlakukan rapid antigen acak di titik tersebut. Nantinya masyarakat dengan hasil rapid antigen menunjukkan positif akan diminta menjalani tes swab PCR.

Kemudian, pemudik yang tetap membandel akan diputarbalikkan ke daerah asal.

Wilayah Bali

Kabag Ops Korlantas Kombes Rudi Antariksawan menjelaskan, titik-titik penyekatan di Bali. Rudi menyebut ada lima titik penyekatan dari total 333 titik larangan mudik.

"Peta lokasi penyekatan antar kabupaten," kata Rudi sembari mengirim gambar sebaran penyekatan di Bali saat dihubungi terpisah.

Berikut ini lima titik penyekatan Polda Bali:

1. Pelabuhan Gilimanuk
2. Desa Selabih, Seltim, Tabanan
3. Simpang 3 Umanyar, Denpasar
4. Simpang 4 Masceti Jl. By Ida BGS Mantra, Gianyar
5. Pelabuhan Padang Bay, Karangasem.

(izt/imk)