Round-up

Polri Cek Klaim Jozeph Paul Zhang soal Tak Lagi WNI

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Selasa, 20 Apr 2021 03:18 WIB
Jozeph Paul Zhang
Foto: Jozeph Paul Zhang (ist/YouTube)
Jakarta -

Jozeph Paul Zhang alias Shindy Paul Soerjomoelyono diduga melakukan penistaan agama melalui video yang diunggah di YouTube sehingga diburu Bareskrim Polri. Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono menyatakan kepolisian bakal mendalami status kewarganegaraan Jozeph.

"Nah masalah kewarganegaraan Polro masih mendalami masalah itu, yang jelas sedang mendalami dari yang bersangkutan," ujar Rusdi kepada wartawan di Mabes Polri, Senin (19/4/2021).

Rusdi mengatakan tidak lama lagi status kewarganegaraan Jozeph Paul Zhang bakal menemui titik terang. Dengan demikian, dapat dipastikan apakah pengakuan Jozeph yang mengaku sudah melepas status WNI nya benar atau tidak.

"Mudah-mudahan tidak lama lagi Polri mendapat kejelasan kewarganegaraan dari yang bersangkutan," jelasnya.

"Wait and see," sahut Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan saat dihubungi terpisah.

Diketahui, Jozeph Paul Zhang alias Shindy Paul Soerjomoelyono, yang dilaporkan atas kasus dugaan penistaan agama karena menghina agama Islam dan mengaku sebagai nabi ke-26, diburu keberadaannya. Dalam video terbarunya, Jozeph Paul Zhang mengaku sudah melepaskan kewarganegaraan Indonesia.

Hal ini terungkap dalam video terbaru Jozeph Paul Zhang yang diunggah di akun YouTube seperti dilihat detikcom, Senin (19/4). Video terbaru menampilkan dia bersama komunitasnya bertemu secara virtual lewat aplikasi Zoom.

Dalam perbincangan, salah satu peserta tampak menyemangati Jozeph Paul Zhang, yang namanya viral dan dicari keberadaannya oleh pihak Bareskrim Polri.

"Jangan gentar ya Pak Paul ya, jangan gentar," kata seseorang dalam pertemuan virtual tersebut.

Jozeph Paul Zhang pun merespons dukungan itu dengan tertawa. Dia lantas meminta agar kasus yang menjeratnya tidak dibahas-bahas. Dia lantas menjelaskan bahwa dirinya sudah melepas status kewarganegaraan Indonesia.

"Oh iya, ini supaya temen-temen jangan membahas, gini, Saudara, saya ini sudah melepaskan kewarganegaraan Indonesia ya. Jadi saya ini ditentukan oleh hukum Eropa," ujarnya.

"Jadi temen-temen, udah, jangan membahas lagi mengenai masalah itu. Justru yang membuat saya repot sekarang adalah gereja-gereja yang menekan saya," sambungnya.

Simak Video: Ini Pasal-pasal yang Bakal Menjerat Jozeph Paul Zhang

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)