Round-Up

Pesan Waspada untuk 9 Provinsi Agar Siklon Surigae Diantisipasi

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Sabtu, 17 Apr 2021 22:14 WIB
Jakarta -

Siklon tropis Surigae yang berpotensi menjadi angin topan tengah muncul di perairan Samudra Pasifik sebelah utara Papua Barat. 9 Provinsi di Indonesia pun diminta untuk waspada dan melakukan antisipasi.

Dalam waktu dekat, intensitas siklon Surigae dilaporkan terus meningkat ke arah barat laut. Dengan demikian kesembilan provinsi pun kini diminta untuk waspada.

Sebenarnya, siklon ini memiliki nama 94W. Nama siklon Surigae baru muncul setelah diciptakan oleh Japan Meteorogical Agency (JMA).

Kepala BMKG Dwikorita menyampaikan siklon Surigae tengah terjadi di wilayah Utara Sulwesi dan sekitarnya. Siklon ini, kata dia berkecepatan hingga 20 knot.

"Akibatnya, saat ini terjadi peningkatan kecepatan angin rata-rata di wilayah utara Sulawesi dan sekitarnya berkisar 8-20 knot," ujar Dwikorita Karnawati di Kabupaten Malang, Jawa Timur, dalam keterangannya, Rabu (14/4/2021).

Sementara itu, Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati sendiri telah menjelaskan kalau siklon Surigae bergerak menjauhi wilayah Indonesia. Namun, bukan berarti Indonesia tidak terdampak lagi oleh siklon Surigae.

"Menurut prediksi BMKG hingga Sabtu (17/4) pukul 19.00 WIB, posisi siklon tropis tersebut masih akan berada di perairan Samudra Pasifik dan diperkirakan bergerak menuju sebelah utara Maluku Utara, atau pada 11,7 LU dan 129,7 BT, atau sekitar 1.040 kilometer sebelah utara timur laut Tahuna," kata Raditya.

Siklon tropis Surigae ini diprediksi bergerak dengan kecepatan 10 knot atau 19 kilometer per jamnya dengan kekuatan 95 knots atau 185 kilometer per jam dengan tekanan 935 hPa. Raditya menambahkan, pergerakan dan fenomena dari siklon Surigae ini bisa menghasilkan hujan lebat disertai kilat/petir beserta angin kencang di sembilan wilayah.

Simak selengkapnya soal 9 daerah yang diminta waspada.

Selanjutnya
Halaman
1 2