Puluhan Makam di Pekanbaru Amblas Akibat Hujan Deras

Raja Adil Siregar - detikNews
Sabtu, 17 Apr 2021 13:16 WIB
Pekanbaru -

Puluhan makam di TPU Payung Sekaki, Pekanbaru, Riau, amblas dini hari tadi. Makam-makam baru amblas setelah Kota Pekanbaru diguyur hujan deras sejak kemarin.

Pantauan detikcom, puluhan makam yang amblas itu dengan kedalaman bervariasi. Makam amblas ada yang sedalam 30-50 cm, ada pula makam yang amblas hingga kayu nisan tenggelam.

"Makam amblas karena baru. Sebab, sejak kemarin hujan deras," kata seorang warga, Febri, saat mengunjungi makam mertua di TPU Payung Sekaki, Sabtu (17/4/2021).

Febri mengaku mengetahui makam amblas pagi tadi. Mertuanya meninggal empat hari lalu dan dimakamkan di TPU Payung Sekaki.

"Tadi biasa habis Subuh sudah ke sini, tapi memang saya sudah ada firasat juga pasti ambrol. Ternyata benar, makam mertua dan baru 4 hari sudah amblas," katanya.

Sementara itu, petugas makam Abdul Aziz mengatakan makam amblas akibat diguyur hujan deras. Makam amblas masih berusia kurang dari 1 bulan.

"Amblas akibat hujan, rata-rata ini makam baru. Ada yang dua hari, seminggu, dan sebulan juga ada," kata Aziz.

Penyebab makam amblas, kata Aziz, adalah tanah makam tidak dipadatkan. Akibatnya, tanah turun saat diguyur hujan.

"Ini hanya digemburkan saja waktu proses pemakaman. Jadi tidak dipadatkan. Kalau tanah dipadatkan, tidak amblas. Kan ada itu yang tidak amblas karena dipadatkan," katanya.

Terkait amblasnya makam, Aziz meminta ahli waris atau keluarga melakukan perbaikan. Sebab, kondisi curah hujan kini masih dimungkinkan terjadi.

"Keluarga dan ahli waris kami minta untuk datang melakukan perbaikan. Sebab, saat ini hujan masih terjadi, nanti makin parah," tutup Aziz.

(ras/jbr)