Ustaz Syam hingga Ustaz Wijayanto Beri Tausiah Online Selama Ramadhan

Abu Ubaidillah - detikNews
Jumat, 16 Apr 2021 14:25 WIB
Ustaz Syam
Foto: BNI
Jakarta -

Di tahun-tahun sebelumnya, ngabuburit jadi momen yang menyenangkan ketika bisa bepergian ke mana-mana sambil menunggu waktu berbuka. Namun berbeda sejak tahun lalu, kegiatan ngabuburit lebih banyak dihabiskan di rumah saja.

Tapi umat muslim bisa mengambil sisi positif dari pandemi yang terjadi ini. Salah satunya dengan mengisi waktu ngabuburit agar lebih bermanfaat, seperti menonton tausyiah online yang dibawakan oleh Ustaz Syam hingga Ustaz Wijayanto.

Selain kedua ustaz tersebut, ada pula Ustaz Subkhi Al Bughury dan Ustazah Oki Setiana Dewi yang juga turut akan memberi wawasan keislaman mulai tanggal 15 April-7 Mei 2021 setiap pukul 17.15 WIB di channel YouTube BNI - Bank Negara Indonesia.

Ustaz Syam menjadi yang pertama berkesempatan memberikan tausiahnya, ia membawakan tema "Kekuatan Terbesar, Teladan Ramadan - Masa Lalu". Di kesempatan ini ia menjelaskan dalam memasuki Bulan Ramadhan ini masih banyak yang belum bisa lepas dengan masa lalu atau trauma dalam berbagai hal.

"Ternyata traumatik itu yang menyembuhkan adalah Allah SWT dan dengan caranya Allah SWT sendiri. Kadangkala kita tidak tahu ini adalah jawaban dari Allah SWT atas kegelisahan kita," katanya di channel YouTube BNI - Bank Negara Indonesia, dikutip Kamis (15/4/2021).

Ia mengajak untuk lebih banyak melihat ke masa depan, bukan ke masa lalu. Sebab orang yang paling susah, orang yang paling sulit, orang yang paling gelisah hidupnya adalah orang yang tidak mau menerima takdir Allah SWT.

"Kita mampu untuk sembuh dari masa lalu traumatik itu hanya dengan bantuan dari Allah SWT. Ingat di dalam Alquran Allah SWT banyak sekali membahas tentang waktu, banyak sekali Allah SWT bersumpah dengan waktu, kenapa? Saking berharganya waktu tersebut jangan disia-siakan hanya untuk membahas masa lalu, mencari kesalahan, mengingat masa lalu yang ternyata tidak terlalu berguna untuk kita," lanjutnya.

Namun Ustaz Syam tidak memungkiri masa lalu juga bisa dijadikan sebagai pelajaran. Selain itu juga perlu fokus untuk menatap masa depan karena merupakan bagian dari takwa, jangan terpaku hanya dengan masa lalu saja.

Selain Ustaz Syam El Marusy yang membawa tema "Kekuatan Terbesar", Ustaz Subki Al Bughury yang membawa tema "Definisi Memberi", Oki Setiana Dewi yang akan membawa tema "Apa yang Menghambat Keberkahan", dan Ustaz Wijayanto yang membawa tema "Menggapai Keberkahan". Setiap video tausiah online tersebut akan diunggah di channel YouTube BNI setiap hari pada pukul 17.15 WIB.

Mumpung lagi di rumah aja, yuk isi ngabuburit dengan hal yang bermanfaat seperti memperdalam ilmu agama melalui Tausiah Online Teladan Ramadhan dari BNI ini. Selain itu, ada kesempatan memenangkan giveaway setiap minggunya dan THR Lebaran juga untuk penonton tausiah ini.

(mul/ega)