detikKultum Ustaz Hanan Attaki: Jangan Sedih Jika Ditinggalin

Trisna Wulandari - detikNews
Kamis, 15 Apr 2021 20:20 WIB
Jakarta -

Manusia bisa mendapat ujian dari sesama makhluk, baik seperti merasa dikecewakan, dijauhi, ditinggalkan, disakiti, dan perasaan tidak nyaman lain yang ditimbulkan sesama manusia. Tetapi, Allah tidak akan pernah memperlakukan kita seperti itu.

Ustaz Hanan Attaki menuturkan, orang dengan iman yang baik berpikir positif dengan mengandalkan Allah. Berpikir positif dalam hal ini artinya ia tidak berputus asa dari berharap kepada Allah SWT.

"Jangan sedih ketika kita merasa ditinggalkan orang-orang yang kita cintai, orang yang kita harapkan, orang yang kita rasa akrab dengan kita. Kalau kita ditinggalkan mereka, berbaiksangkalah pada Allah, bahwa Allah ingin menolong kita langsung, tanpa perantara mereka, atau apapun," tutur Ustaz Hanan Attaki dalam detikKultum yang tayang di detikcom, Kamis 15 April 2021.

Ditinggalkan adalah cara Allah untuk menolong hamba-Nya. Ustaz Hanan Attaki mengisahkan, ibu Nabi Musa AS dengan perintah Allah menghanyutkan Nabi Musa AS yang masih bayi di sungai Nil, alih-alih diperintahkan untuk keluar dari Mesir dan tinggal di tempat terpencil.

"Allah SWT ingin merawat Musa dengan caranya, yaitu dengan mendatangkan bayi ini kepada musuh-Nya, lalu memberikan rasa cinta di hati istri musuh-Nya, sehingga bayi ini hidup di dalam istana musuh-Nya, dirawat oleh musuh-Nya, dibesarkan oleh musuh-Nya, yang kelak justru akan jadi pemimpin untuk menggulingkan kedzaliman musuh-Nya, karenanya, jangan berputus asa untuk berharap pada Allah subhanahu wa ta'ala," jelas Ustaz Hanan Attaki.

Ia menambahkan, kendati di awal terasa terlalu berat dan sulit, terasa tidak terduga dan tidak mampu mengalaminya, jangan berputus asa dan jangan sedih, karena Allah sendiri yang akan mengurus kita.

"Ingat Imam Sufyan Ats-Tsauri pernah bernasihat, jika kamu dapat masalah, kemudian semua orang meninggalkanmu, maka Allah sendiri yang akan menolong kamu," kata Ustaz Hanan Attaki.

Ustaz Hanan Attaki kemudian menuturkan bagaimana berbaik sangka merupakan bagian dari iman , mengingatkan untuk berharap pada Allah SWT lewat kisah Nabi Muhammad SAW dan Nabi Ismail AS yang tidak berputus asa, dan hikmah di baliknya.

Selengkapnya detikKultum bersama Ustaz Hanan Attaki: Jangan Sedih Jika Ditinggalin tonton DI SINI.

(erd/erd)