detikcom Do Your Magic

Pedagang Pasar Minggu Korban Kebakaran Dapat Lapak Relokasi 1,4 Meter

Afzal Nur Iman - detikNews
Jumat, 16 Apr 2021 14:17 WIB
Kondisi pembagian lapak relokasi di Pasar Minggu. Para pedagang korban kebakaran bisa menempati lapak seluas 1,2 x1,2 meter.
Foto: Afzal Nur Iman/detikcom
Jakarta -

Pedagang Blok C Pasar Minggu, Jakarta Selatan, korban kebakaran mendapat lapak relokasi sementara. Luas lapak tersebut 1,4 meter dan berada di Blok B Pasar Minggu.

Pantauan detikcom di lokasi, tepatnya di depan kantor pengelola pasar, pada Jumat (16/4/2021) pukul 13.30 WIB, terlihat para pedagang sedang mengantre untuk mendapatkan nomor lapak yang akan ditempatinya. Petugas juga terlihat sibuk mengarahkan dan memeriksa dokumen yang dibawa oleh pedagang tersebut.

Peserta yang sudah mendaftarkan diri kemudian masuk dan menunggu untuk mengambil nomor. Nomor lapak tersebut diacak dan dilipat agar pedagang tidak dapat memilih lapak sementara tersebut.

Terlihat banyak petugas keamanan pasar berjaga di sekitar lokasi. Petugas berjaga di sekitar tempat menunggu antrean, tempat pendaftaran, dan di lapak sementara yang disediakan pihak pasar.

Terlihat pedagang menunggu di beberapa lokasi. Bahkan di luar gedung juga terlihat ada sebagian pedagang yang menunggu di sana.

Letak pasar sementara yang disediakan untuk para pedagang berjualan letaknya tidak jauh dari kantor pengelola pasar. Letaknya berada di Blok B, bersebelahan dengan gedung Pasar Blok C yang terbakar.

Kondisi pembagian lapak relokasi di Pasar Minggu. Para pedagang korban kebakaran bisa menempati lapak seluas 1,2 x1,2 meter.Kondisi pembagian lapak relokasi di Pasar Minggu. Para pedagang korban kebakaran bisa menempati lapak seluas 1,2x1,2 meter. (Afzal Nur Iman/detikcom)

Di lokasi pasar sementara ada 2 lantai yang digunakan untuk pedagang sementara. Di sana sudah terlihat lapak yang diberi garis berbentuk kotak dengan nomor di tengahnya.

Luasnya hanya sekitar 1,2x1,2 meter. Lapak tersebut disediakan gratis dari pihak pasar. Bahkan apabila ada pungutan liar, pihak pasar akan menindaklanjuti hal tersebut.

"Kalau masalah strategis, di mana pun strategis asalkan tempatnya agak gede. Itu kan namanya penampungan ya, 1,2 meter buat satu orang, kalau kita yang semula kan ukuran hampir 3x1,5 meter," kata pedagang bernama Budianto saat di lokasi.

Diketahui, Blok C Pasar Minggu terbakar pada Senin (12/4). Sebanyak 391 dari 391 tempat usaha terbakar. Perumda Pasar Jaya menyebut belum memperbaiki gedung yang terbakar karena menunggu investigasi dan kelaikan gedung.

"Pedagang yang terkena dampak kebakaran untuk sementara waktu ini akan dipindahkan ke Blok B sambil menunggu hasil investigasi dari pihak terkait dan dilakukan audit kelayakan struktur bangunan," ucap Direktur Utama Perumda Pasar Jaya Arief Nasrudin dalam keterangannya, Kamis (14/4/2021).

Simak Video: Pasar Minggu Terbakar, Pemkot Jaksel Akan Relokasi Pedagang

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)