detikcom Do Your Magic

Perbaikan Pasar Minggu Tunggu Investigasi dan Audit Bangunan

Arief Ikhsanudin - detikNews
Kamis, 15 Apr 2021 18:25 WIB
Kondisi Pasar Inpres Pasar Minggu yang terbakar, Kamis (15/4/2021).
Foto: Afzal Nur Iman/detikcom
Jakarta -

Perumda Pasar Jaya menyebut belum bisa langsung memperbaiki gedung Pasar Inpres Blok C Pasar Minggu yang terbakar. Pasar Jaya menunggu hasil audit bangunan dan investigasi kebakaran kemarin.

"Pedagang yang terkena dampak kebakaran untuk sementara waktu ini akan dipindahkan ke Blok B sambil menunggu hasil investigasi dari pihak terkait dan dilakukan audit kelayakan struktur bangunan," ucap Direktur Utama Perumda Pasar Jaya Arief Nasrudin dalam keterangannya, Kamis (14/4/2021).

Arief mengatakan bangunan Pasar Minggu terdiri atas lima blok dan yang terbakar kemarin hanya di Blok C. Dari pendataan diketahui, sebanyak 391 tempat usaha dari 392 tempat usaha di yang berada di Blok C.

"Gedung ini ada lima lantai, untuk lantai basement dan hingga lantai satu itu ada tempat usaha, sisanya parkiran kendaraan," ujarnya.

Tempat usaha yang terbakar sebagian besar adalah pedagang sembako, bumbu giling, sayuran, hingga rempah-rempah. Sementara saat ini para pedagang belum bisa masuk ke lokasi dikarenakan masih terpasang garis polisi.

"Setelah ini akan kita carikan solusi untuk para pedagang agar bisa segera berjualan kembali," katanya.

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Jakarta Selatan, Isnawa Adji, menjelaskan bahwa proses relokasi sedang berlangsung. Pedagang akan memilih nomor undian untuk lokasi kios dan lapak di tempat relokasi.

"Hari ini, pasar sudah keluarkan surat untuk registrasi ulang. Rencana, Jumat (15/4), pagi kocok nomornya. Untuk lokasi relokasi, tetap di Blok B, besok mulai ditandai. Untuk pedagang ayam masuk ke Blok F, sudah sepakat," katanya.

(aik/dnu)