Spotlight

Mengupas Darurat Kebakaran Pasar di Ibu Kota

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 14 Apr 2021 14:25 WIB
Robot pemadam kebakran LUF-60 bantu padamkan api di kebakaran Pasar Inpres, Pasar Minggu (sachril/detikcom)
Foto: Kebakaran di Pasar Inpres, Pasar Minggu (sachril/detikcom)
Jakarta -

Kebakaran melanda 2 pasar besar di DKI Jakarta hanya dalam jeda 4 hari. Pasar Kambing Tanah Abang dan Pasar Inpres Pasar Minggu ludes akibat peristiwa kebakaran tersebut. Lantas apakah pasar-pasar di DKI Jakarta memang rawan terbakar?

Kebakaran pasar sempat terjadi di Pasar Kambing, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Kamis (8/4) yang lalu sekitar pukul 16.50 WIB. Kebakaran yang diduga akibat korsleting listrik ini menghabiskan sekira 5.000 meter persegi area pasar dengan rincian 136 lapak dan 40 kios terbakar. Kerugian akibat kebakaran Pasar Kambing Tanah Abang ini pun ditaksir mencapai Rp 1 miliar.

Selang 4 hari kemudian, tepatnya Senin (12/4) yang lalu, sekitar pukul 18.29 WIB kebakaran kembali melanda sebuah pasar besar di wilayah Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Kala itu, Pasar Inpres Pasar Minggu terbakar.

Hampir 31 mobil damkar berupaya memadamkan kebakaran yang menghanguskan kurang lebih 392 kios. Butuh waktu 5 jam untuk memadamkan kebakaran yang terjadi di Pasar Inpres tersebut. Hingga kini pihak kepolisian juga masih menelusuri penyebab kebakaran di pasar tersebut.

Pasar Kambing kebakaran (Fathan/detikcom)Saat Kebakaran Masih Melanda Pasar Kambing (Fathan/detikcom) Foto: Pasar Kambing kebakaran (Fathan/detikcom)

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, telah angkat bicara soal 2 kebakaran pasar dalam hitungan hari. Riza menyebut memang sejumlah properti yang ada di DKI Jakarta tidak memenuhi standar keselamatan dan pencegahan kebakaran.

"Semua properti di Jakarta harus memenuhi standar. Masih banyak di Jakarta properti yang tidak memenuhi standar, pengamanan dan pencegahan bahaya kebakaran," tegasnya.

Lantas apa penyebab kebakaran rawan terjadi di pasar Jakarta? Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Simak video 'Pasar Kambing Terbakar: 136 Lapak Ludes, Miliaran Rupiah Melayang':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3