Derek Liar yang Todong Pemobil di Halim Bodong 'Luar Dalam'

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 15 Apr 2021 16:16 WIB
Polisi tangkap sopir derek liar di Tol Halim, Kamis (15/4/2021).
Polisi menangkap derek liar di Tol Halim. (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Polisi menangkap salah satu awak truk derek liar yang bikin resah pengendara di Jalan Tol Halim. Dari hasil pemeriksaan, pelaku berinisial YJ ini tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM) yang sesuai dengan jenis kendaraan yang dikendarai.

"SIM digunakan bukan SIM peruntukan, ini SIM A untuk kendaraan biasa roda empat," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (15/4/2021).

Seharusnya, sopir derek memegang SIM D1.

Sementara itu, Yusri mengungkap bahwa truk derek yang dibawa YJ juga sudah mati.

"Dengan satu kendaraan barang bukti. Memang ini derek, tapi ini sudah mati sejak 2012," ujarnya.

Yusri mengatakan bahwa YJ diamankan di Km 10 Tol Cikunir siang tadi. Selain YJ, ada 3 pelaku lainnya, tapi mereka melarikan diri.

"Tim menemukan satu kendaraan, diberhentikan ada 4 orang di dalam truk, 3 orang melarikan diri dan 1 diamankan," katanya.

Sementara itu, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menambahkan pelaku saat ini baru dijerat dengan pelanggaran lalu lintas. Terkait dugaan pemerasan yang dilakukan oleh pelaku, Sambodo mengatakan pihaknya masih menunggu laporan korban.

"Kita sambil menunggu kalau ada pelapor yang menjadi korban dari derek liar sehingga kami bisa kenakan di pasal pemerasan atau UU KUHP-nya," terang Sambodo.

Sebelumnya, Ditlantas Polda Metro Jaya bergerak cepat menindak lanjuti informasi yang beredar viral di media sosial soal derek liar di Tol Halim, Jakarta Timur. Sopir derek liar ditangkap saat melintas di Km 10 Tol Cikunir arah Bekasi.

Peristiwa ini viral di media sosial. Dalam video viral tersebut terlihat seorang warga merekam aksi derek liar. Sejumlah pelaku mendekati mobilnya dan mengetuk-ngetuk kaca mobil korban.

"Pak Ketua saya ditodong sama derek ini. Tolong yang ada di arah ini tolong berhenti. Saya ada di arah Halim, Km mau ke arah Halim. Ini maksa ini tolong Pak Ketua," sebut korban dalam video.

(mea/fjp)