Derek Liar Resahkan Pengendara, Ini Cara Bedakan dengan yang Resmi

Yulida Medistiara - detikNews
Kamis, 15 Apr 2021 14:56 WIB
Arus lalu lintas di tol saat libur long weekend Paskah (Foto: dok. Jasa Marga)
Ilustrasi Jalan Tol (Foto: Jasa Marga)
Jakarta -

Viral oknum derek liar memaksa pengemudi truk menggunakan jasanya di sekitar Km 02-03 Jalan Tol Dalam Kota arah Jakarta atau sebelum Gerbang Tol Halim. Jasa Marga berkoordinasi dengan kepolisian terkait kejadian tersebut.

"Dengan adanya laporan ini, kami langsung koordinasikan dengan petugas Jasa Marga dan PJR di lapangan untuk melakukan pengecekan dan penindakan jika terbukti ditemukan pelanggaran oleh oknum derek liar," kata General Manager Representative Office 2 Jasamarga Metropolitan Tollroad Nasrullah, dalam kerangan tertulis, Kamis (15/4/2021).

Nasrullah menambahkan pengemudi kendaraan dapat mendapatkan layanan derek resmi Jasa Marga dengan menghubungi Call Center Jasa Marga di nomor 14080 atau melalui aplikasi Travoy 3.0 untuk bantuan dan informasi jalan tol.

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan akibat kejadian ini, dan kami mengimbau kepada pengguna jalan yang membutuhkan layanan derek resmi untuk menghubungi Call Center Jasa Marga 24 jam di 14080. Selain melalui call center, pengguna jalan juga dapat menggunakan aplikasi Travoy 3.0 untuk bantuan dan informasi seputar tol. Aplikasi ini memiliki fitur Derek Online dan fitur Panic Shake," kata Nasrullah.

Fitur Derek Online dapat digunakan untuk pemesanan derek dan pemantauan progres penderekan secara real time. Saat ini Fitur Derek Online baru dapat digunakan di Jalan Tol Ruas Jagorawi, Dalam Kota Jakarta, Jakarta-Cikampek, Jakarta-Tangerang, Prof Dr Ir Soedijatmo, JORR Seksi E, dan Cipularang-Padaleunyi. Adapun cara membedakan derek resmi dan derek liar terlihat dari logo di badan mobil derek tersebut.

"Cara membedakannya yang paling mudah adalah untuk kendaraan derek resmi Jasa Marga memiliki identitas korporasi seperti warna, logo perusahaan hingga keterangan derek resmi dan nomor call center yang tercantum dalam fisik kendaraan derek resmi kami," ucapnya.

Sementara itu, fitur Panic Shake dapat digunakan untuk mendapatkan bantuan petugas Jasa Marga pada saat situasi darurat. Caranya dengan menggoyangkan gadget yang dimiliki. Hal ini guna memberikan sinyal kepada petugas Jasa Marga dan petugas akan segera mendatangi lokasi kejadian.

Selain itu, Nasrullah juga memohon partisipasi aktif pengguna jalan dalam melaporkan kendaraan derek yang dicurigai sebagai derek liar melalui Call Center Jasa Marga di nomor 14080.

Diketahui usai viral video terkait aksi derek liar di Tol Dalam Kota arah Jakarta, petugas Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) bersama dengan PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) selaku service provider pengoperasian jalan tol segera mengecek ke lokasi kejadian.

"Sesaat setelah mendapatkan informasi terkait video tersebut, petugas kami langsung melakukan pengecekan ke lokasi kejadian, namun tidak ditemukan lagi baik oknum derek liar, maupun pengemudi truk tersebut," ujar Manager Area JMTO wilayah Tol Dalam Kota & Prof Dr Ir Soedijatmo Bismark Purba.

Peristiwa tersebut diduga terjadi pada Rabu (14/04) kemarin. Jasa Marga saat ini sedang berkoordinasi dengan kepolisian.

Kemudian untuk mengantisipasi peristiwa serupa, Jasa Marga bersama dengan Patroli Jalan Raya (PJR) melakukan pengawasan rutin terhadap derek liar di jalan tol, memasang rambu hanya derek resmi yang boleh beroperasi di jalan tol Jasa Marga pada akses masuk jalan tol, serta berkoordinasi dengan pihak Kepolisian setempat untuk proses penegakan hukum jika terbukti ditemukan pelanggaran oleh oknum derek liar.

Sebelumnya, Ditlantas Polda Metro Jaya telah menangkap sopir derek liar yang viral memaksa sopir truk menggunakan jasanya di Tol Dalam Kota. J

"Pelaku sudah ditangkap barusan," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo dalam keterangan kepada wartawan, Kamis (15/4/2021).

Sambodo mengatakan pelaku ditangkap pada pukul 13.25 WIB di Km 10 Tol Cikunir arah Bekasi. Polisi juga mengamankan mobil derek liar yang digunakan pelaku.

"Telah diamankan derek liar dan penghuninya, yang diduga merupakan pelaku yang melaksanakan tindakan pemerasan di dalam tol," jelasnya.

Sebelumnya, aksi derek liar memaksa pengendara, viral di media sosial. Disebutkan, peristiwa pemaksaan derek liar ini terjadi di exit Tol Halim, Jakarta Timur.

Kasat Patroli Jalan Raya (PJR) Polda Metro Jaya Kompol Akmal yang mendapatkan informasi viral itu langsung bergerak. Polisi kemudian menelusuri pelaku berbekal video viral tersebut.

Simak juga 'Modus Dapat Bisikan Gaib, Pria di Gorontalo Tipu Warga Ratusan Juta':

[Gambas:Video 20detik]



(yld/mei)