Wagub Banten Perintahkan Tugu Pamulang yang Beda dari Desain Dibongkar

Farih Maulana Sidik - detikNews
Kamis, 15 Apr 2021 12:09 WIB
Wagub Banten Andika Hazrumy (Foto: Farih/detikcom)
Foto: Wagub Banten Andika Hazrumy (Foto: Farih/detikcom)
Tangerang Selatan -

Tugu yang berlokasi di Jalan Siliwangi, Pamulang, Tangerang Selatan (Tangsel), sempat viral karena beda jauh dengan desain. Tugu itu kini ditutupi seng ternyata hendak dibongkar.

Wakil Gubernur (Wagub) Banten Andika Hazrumy telah memerintahkan langsung jajarannya untuk pembongkaran tugu. Menurutnya, pembongkaran dilakukan supaya tidak jadi permasalahan di masyarakat.

"Saya sudah perintahkan bongkar, dari pada jadi, istilahnya, permasalahan di masyarakat," kata Andika di Cilenggang, Serpong, Tangsel, Kamis (15/4/2021).

Dia menjelaskan bahwa tugu tersebut memang sudah bermasalah sejak 2018. Menurutnya, saat 2018 pembangunan terkendala karena revisi desian tugu.

"Kan memang pada saat pembangunan di tengah-tengah kan direvisi. Jadi terkendala, terhenti, saya udah tegur 2018 untuk segera diselesaikan. Kalau kerja jangan setengah-setengah gitu kan, dan kemarin rame lagi. Kami evaluasi," ucapnya.

Dia menyebut pada 2018 bangunan tugu tersebut direncanakan untuk direvitalisasi dengan anggaran tahun 2019. Namun, anggaran revitalisasi tugu kembali terkendala karena refocusing untuk penanganan COVID-19.

"Dari segi anggaran memang 2019 terkena refocusing semua anggaran kan bukan hanya untuk pembangunan tugu, semua pembangunan pelayanan masyarakat di Banten refocusing semua," ujarnya.

Tugu Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. (Andhika Prasetia/detikcom)Tugu Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. (Andhika Prasetia/detikcom)

Andika mengatakan Pemprov Banten akan mempersiapkan anggaran terlebih dahulu untuk membangun tugu di Pamulang sesuai desain. Namun pembangunan tugu senilai Rp 300 juta itu tidak akan menjadi prioritas.

"Jadi nanti kalau sudah siap baru, sementara ini kan sudah saya perintahkan untuk dibongkar," katanya.

"Kita juga pemprov mau ngerjain bangunan, sekolah, mau ngerjain jalan semua kan terkendala. Kita tidak mengesampingkan tugu ya tapi yang skala prioritas lain (juga) tertahan proses pembangunannya," tambahnya.

Sebelumnya, tugu di daerah Pamulang, Tangerang Selatan, ramai diperbincangkan di media sosial. Pasalnya, bangunan tugu tersebut sangat berbeda jauh dengan desainnya.

Trenggono mengatakan rencana perbaikan tugu akhirnya tertunda akibat pandemi COVID-19, yang berdampak terhadap anggaran. Anggaran perbaikan tugu yang sudah direncanakan dialihkan untuk sektor lain.

"Bukan hanya Tugu Pamulang yang terkena refocussing, tapi juga banyak kegiatan lainnya yang mengalami hal yang sama," kata Trenggono saat dihubungi detikcom, Minggu (11/4).

Simak juga Video: Ini Penampakan Proyek Tugu Sepeda Rp 800 Juta di Sudirman Jakpus

[Gambas:Video 20detik]



(fas/mae)