JoMan Dorong 5 Menteri Di-reshuffle: Mentan hingga Menkominfo

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 13 Apr 2021 13:38 WIB
Relawan Ahok dari komunitas Batman Immanuel Ebenezer
Immanuel Ebenezer (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Isu reshuffle kabinet menguat seiring hadirnya Kementerian Investasi. Isu ini diperkuat setelah Istana Wakil Presiden mengkonfirmasi sudah ada pembicaraan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Ma'ruf Amin. Relawan Jokowi mendorong lima menteri ini diganti.

Ketua Umum Jokowi Mania (JoMan) Immanuel Ebenezer atau Noel dalam keterangannya, Selasa (13/4/2021), mengabarkan Jokowi tengah merumuskan pergantian sejumlah menteri pada bulan ini. JoMan mengaku sudah mengantongi nama kandidat menteri kena reshuffle. Namun, versi JoMan, ada lima menteri yang layak di-reshuffle.

Kelima menteri yang dinilai layak diganti adalah Menteri Pertanian Yasin Limpo, Menteri Agraria Sofyan Djalil, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, serta Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

"Reshuffle ini penting agar menteri tidak bekerja sendiri-sendiri. Kita bisa lihat Menteri Lutfi, Presiden tak mau impor, lo, kok malah ngeyel impor. Begitu juga kasus subsidi pupuk yang tidak berdampak pada swasembada hasil pertanian," kata Noel.

Noel menilai kinerja Menkominfo Johnny G Plate masih melempem. Noel menyoroti pemblokiran situs-situs atau akun-akun radikal di media sosial.

"Khusus Pratikno, kalau dia dipertahankan, akan ada jarak luar biasa antara Jokowi dan rakyat," ujar Noel.

Sebelumnya, juru bicara Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Masduki Baidlowi, menyatakan Wapres sudah diajak rembukan Presiden Jokowi soal isu reshuffle. Meski begitu, Masduki tidak berbicara detil soal reshuffle. Masduki mengaku belum memperoleh kabar terkini soal reshuffle.

"Nanti akan ada pembicaraan spesifik antara Presiden dan Wapres dan, kalau semuanya clear, baru dibicarakan," ujar Masduki.

Lihat juga Video: Jika PAN Masuk Kabinet, Zulkifli Hasan Diprediksi Bakal Jadi Menko

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/tor)