Kapolda Metro Tegas Larang SOTR: Yang Bergerombol Akan Ditindak!

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 12 Apr 2021 10:46 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran beserta Wagub DKI A Riza Patria
Foto: Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran (tengah) larang SOTR. (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengatakan pihaknya mengantisipasi sejumlah kegiatan masyarakat yang kurang bermanfaat selama Ramadhan, salah satunya sahur on the road (SOTR). SOTR akan dilarang dan ditindak tegas.

"Kegiatan-kegiatan yang tidak penting seperti sahur on the road yang kegiatannya bergerombol, berkerumun, melakukan kegiatan kebut-kebutan yang tidak ada nilai ibadah Ramadhannya itu kita akan larang," kata Fadil Imran di Lapangan Presisi Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (12/4/2021).

Bukan tanpa alasan Fadil imran meniadakan tradisi sahur on the road. Sebab, menurut Fadil Imran Dia menyebut kerap kali kegiatan itu justru menjadi awal mula terjadinya keributan di masyarakat.

Fadil memastikan ada tindakan tegas bagi tiap warga yang tetap mencoba melakukan kegiatan sahur on the road tahun ini.

"Jadi tradisi SOTR itu kita akan larang, kita akan tindak. Tidak ada SOTR yang bergerombol, balap-balapan itu bukan sahur namanya. Itu namanya kebut-kebutan di bulan Ramadhan, itu akan kita tindak," tegas Fadil.

Untuk itu, mantan Kapolda Jatim ini meminta warga untuk melaksanakan sahur di rumah saja. Dia mengimbau masyarakat untuk bisa beribadah secara khusyuk di bulan Ramadhan dengan tidak mengikuti kegiatan yang dapat menimbulkan konflik seperti sahur on the road.

"Sesuai dengan surat edaran gugus tugas dan surat edaran Menteri Agama lebih baik melaksanakan sahur dengan keluarga inti di rumah," pinta Fadil.

Mulai hari ini hingga 25 April 2021 ke depan, Polda Metro Jaya juga akan melakukan Operasi Keselamatan Jaya. Dalam operasi tersebut pihak aparat akan menekankan sosialisasi larangan mudik bagi warga Jakarta.

Selain larangan mudik, sejumlah pengawasan protokol kesehatan dan kegiatan yang bisa menimbulkan pelanggaran protokol kesehatan akan diperketat. Operasi Keselamatan Jaya digunakan sebagai persiapan sebelum petugas melakukan kebijakan larangan mudik yang nantinya akan dimulai pada 6 hingga 17 Mei 2021.

Simak juga 'Istiqlal Dibuka, Anies Minta Warga Tak Sahur-Iftar di Masjid':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/mea)