Tentang Pertemuan Jokowi-Megawati Sebelum Usulan Utak-atik Kementerian

Eva Safitri - detikNews
Minggu, 11 Apr 2021 09:38 WIB
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri umumkan Jokowi sebagai capres yang diusung partainya di Pilpres 2019.
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengumumkan Jokowi sebagai capres yang diusung partainya di Pilpres 2019. (Foto: Laily Rachev/Biro Pers Setpres)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat bertemu dengan Ketum PDIP Megawati Seokarnoputri sebelum adanya persetujuan perombakan kementerian oleh DPR. Apa yang dibahas keduanya?

Pertemuan Jokowi dengan Megawati diungkap oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Hasto menyebut Megawati dan Jokowi rutin bertemu. Pertemuan terakhir dilaksanakan pada 10 hari lalu. Namun, ditegaskan Hasto, pertemuan keduanya membahas hal fundamental tentang bangsa dan negara.

"Pertemuan secara rutin dan periodik dilakukan kedua pemimpin membahas tentang bangsa dan negara, berbagai persoalan-persoalan yang sifatnya fundamental dan strategis dan akan menentukan perbaikan nasib rakyat dan bangsa dan negara ke depan," kata Hasto, dalam keterangan tertulis, Sabtu (11/4/2021).

Terkait adanya isu reshuffle pascaperombakan kementerian tersebut, Hasto menegaskan hal itu merupakan hak prerogatif presiden. Hasto mengatakan Megawati selalu mengajari para kadernya taat pada aturan main dalam berpolitik.

"PDI Perjuangan oleh Ibu Megawati itu diajarkan berpolitik dengan taat pada aturan main, tata pemerintahan yang baik. Terkait dengan reshuffle itu kan yang memiliki hak prerogatif adalah presiden," ujar Hasto.

Hasto menegaskan PDI Perjuangan menyerahkan sepenuhnya keputusan kepada Presiden Jokowi sebagai pemegang hak prerogatif.

"Karena menteri adalah sebagai pembantu presiden. Dengan hak prerogatif dari presiden tersebut, maka presiden punya kewenangan untuk melakukan evaluasi kinerja dari seluruh jajaran kabinetnya. Dan untuk itu, reshuffle hanya bisa dilakukan atas kehendak dari presiden. Itu sikap dari partai," ucap Hasto.

Hasto juga mengungkap pesan Megawati saat mengusung Jokowi terkait badan riset teknologi, simak selengkapnya

Simak video 'Jokowi Akan Bentuk Kementerian Investasi':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2