Dukung Program Kampung Sehat, Kegiatan Siskamling Digalakkan di Bima

Yudistira Imandiar - detikNews
Jumat, 09 Apr 2021 21:57 WIB
Polda NTB
Foto: Polda NTB
Jakarta -

Dalam program Kampung Sehat Nurut Tatanan Baru di Nusa Tenggara Barat (NTB), sistem keamanan keliling (siskamling) menjadi salah satu program di bidang keamanan. Kegiatan siskamling yang salah satunya sudah berjalan di Bima, NTB bertujuan mengantisipasi tingginya angka kriminalitas di tengah pendemi COVID-19.

Kasat Binmas Polres Bima Polda NTB Iptu Suhermansyah menerangkan peran Bhabinkamtibmas dan pengaktifan siskamling untuk kepentingan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) dinilai cukup urgen, dan harus di optimalkan.

"Bhabinkamtibmas adalah ujung tombak Kepolisian di masyarakat yang merupakan sahabat masyarakat yang menjadi garda terdepan Pelayanan Prima Kepolisian. Sehingga mereka juga yang paling tahu soal keamanan di masyarakat,'' kata Suhermansyah dalam keterangan tertulis, Jumat (9/4/2021).

Ia menambahkan Bhabinkamtibmas harus mampu membangun kesadaran masyarakat akan bahaya COVID-19. Melalui paya pencegahan penyebaran Virus Corona dan pembangunan masyarakat agar lebih produktif melalui Kampung Sehat, menurut Suhermansyah akan membuat situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif.

Adapun Siskamling dianggap mempunyai daya cegah, tangkal, dan lawan terhadap segala bentuk gangguan kamtibmas di tengah masyarakat.

''Upaya-upaya semacam itu yang saat ini terus kita lakukan di tengah masyarakat,'' kata Suhermansyah.

Polda NTBDukung Program Kampung Sehat, Kegiatan Siskamling Digalakkan di Bima Foto: Polda NTB

Kapolres Bima AKBP Gunawan Tri Hatmoyo menambahkan di tengah pandemi COVID-19 seluruh lapisan masyarakat harus saling mendukung untuk memberantas atau mempersempit ruang gerak pelaku kejahatan. Hal itu dapat dilakukan dengan membangun sistem pengamanan yang berasal dari masyarakat atau pam swakarsa.

Peran Bhabinkamtibmas dan pengaktifan siskamling seiring dengan berjalannya Kampung Sehat juga mempunyai peran penting dalam mengantisipasi gangguan kamtibmas. Diperkuat dengan penerapan skrining berupa tamu wajib lapor 1x24 jam, diharapkan keamanan kampung akan meningkat.

''Kami rasa hal ini sudah mulai diterapkan di setiap lingkungan. Buktinya, hampir setiap lingkungan sekarang menerapkan sistem satu pintu (one gate system). Masyarakat luar yang masuk juga sudah tidak bisa seenaknya, karena ada yang jaga,'' sebut Gunawan.

Kapolres Bima telah memberikan instruksi melalui Kasat Binmas Polres Bima untuk memberdayakan seluruh jajaran Bhabinkamtibmas dalam rangka membina dan membangun kesadaran masyarakat agar aktif berpartisipasi dalam harkamtibmas selama masa pandemi COVID-19. Berikutnya, mengaktifkan dan memberdayakan kembali siskamling yang dilaksanakan secara swakarsa, memerintahkan bhabinkamtibmas untuk menjadi penghubung dalam membangun komunikasi antar kelompok pam swakarsa yang terintegrasi dengan Polri.

Polda NTBFoto: Dok. Polda NTB

Gunawan juga memerintahkan bhabinkamtibmas agar bersinergi dengan perangkat desa, dokter, dan perawat serta mengajak masyarakat khususnya kabupaten bima untuk bersama-sama menggelorakan Kampung Sehat Jilid 2 NTB.

(akn/ega)