detikcom Do Your Magic

Meski Sudah Mulus, Jl Rasuna Said Jaksel Disebut Masih Rawan Genangan

Afzal Nur Iman - detikNews
Jumat, 09 Apr 2021 14:23 WIB
Jl HR Rasuna Said telah kembali diperbaiki. Tidak terlihat lagi ada lubang yang bahayakan pengendara sepeda motor.
Jalan HR Rasuna Said sudah mulus tapi disebut masih rawan genangan. (Afzal Nur Iman/detikcom)
Jakarta - Setelah diperbaiki lagi, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan (Jaksel) di depan Plaza Setia Budi kini sudah terlihat rapi. Namun jalan tersebut masih berbentuk cekung sehingga rawan genangan.

Tukang ojek yang sering mangkal di sekitar lokasi, Heri, mengatakan terjadi genangan di jalan setelah diguyur hujan beberapa waktu lalu. Menurutnya, genangan terjadi karena lubang pembuangan air lebih tinggi dibandingkan jalan.

"Kalau genangan, memang legok (cekung) tuh, antara lubang (jalan) genangan sama legok, tinggian lubang genangan, airnya nampung," ujar Heri saat di lokasi, Jumat (9/4/2021).

Heri khawatir genangan di Jl HR Rasuna Said akan mempercepat kerusakan. Aspal yang digunakan sebagai tambalan akan terkelupas karena genangan tersebut.

"Nah, hujan terakhir kapan tuh? Beberapa hari ini deh, kurang-lebih itu, ini sudah mulai hancur lagi, retak lagi," lanjutnya.

Sebelum diperbaiki, jalan tersebut kerap membuat orang jatuh. Heri berharap tidak ada lagi pengendara yang jatuh di tempat tersebut.

"Harapannya sih kita mau aman-aman aja, nggak ada masalah kitanya. Jalan juga bagus, nggak ada yang jatuh. Gitu aja sih, Bang, perbaikannya permanen," tambahnya.

Billy, rekan seprofesi Heri, juga mengatakan jalan tersebut diperbaiki tidak lama setelah para tukang ojek memasang kerucut di tengah jalan. Menurut Billy, jalan tersebut sudah cukup rapi. Namun ia berharap lampu penerangan di jalan tersebut juga diperhatikan.

"Sekarang kurangnya penerangannya doang, lihat aja entar malam, gelap," ujarnya. (aik/aik)