Wujudkan Wisata Sehat, 1.076 Pelaku Wisata di Senggigi Sudah Divaksin

Inkana Putri - detikNews
Kamis, 08 Apr 2021 20:41 WIB
Polda NTB
Foto: Polda NTB
Jakarta -

Pariwisata Lombok Barat terus berupaya membangun wisata sehat di Lombok Barat. Upaya ini diwujudkan melalui percepatan vaksinasi dengan menyasar para pelaku pariwisata dan dikemas melalui Lomba Kampung Sehat II.

Digelar Selasa (6/4), kegiatan vaksinasi dengan sasaran pelaku wisata ini telah memasuki gelombang ketiga. Guna mencegah kerumunan, pelaksanaan vaksinasi pun dilakukan di tiga lokasi berbeda di Senggigi dan diawasi oleh Polsek setempat

"Selain untuk percepatan proses vaksinasi, ini juga dimaksudkan untuk mencegah terjadinya kerumunan, sehingga pelaksanaannya dipecah menjadi tiga lokasi, agar tidak berkumpul di satu titik," ujar Kapolsek Senggigi Kompol Bowo Tri Handoko dalam keterangan tertulis, Kamis (8/4/2021).

Bowo mengatakan tiga lokasi yang digunakan salah satunya adalah Gem Pearls. Lokasi ini melibatkan tenaga kesehatan sebanyak 30 orang dari Puskesmas Gunung Sari, Puskesmas Narmada dan RS. Awet Muda Narmada.

"Untuk jumlah yang divaksin sebanyak 339 orang, dari jumlah 365 orang yang seharusnya menjadi target untuk divaksin," katanya.

Untuk lokasi kedua, vaksinasi dilakukan di Hotel Aruna Senggigi dengan jumlah tenaga kesehatan sebanyak 35 orang dari Dikes Lobar, Puskesmas Penimbung, Puskesmas Lingsar dan Puskesmas Sesela.

"Di Lokasi ini, sebanyak 389 orang telah divaksin, dari jumlah 399 sasaran yang seharusnya divaksin," imbuhnya.

Polda NTBFoto: Polda NTB

Sementara itu di lokasi ketiga, vaksinasi digelar di Hotel Holiday Inn dengan melibatkan nakes sebanyak 27 orang dari Puskesmas Meninting, Puskesmas Sigerongan dan Rumah Sakit Tripat Gerung.

"Peserta yang divaksin sebanyak 348 orang, dari jumlah 365 sasaran yang seharusnya di vaksin," paparnya.

Dari jumlah tersebut, Bowo menyebut dalam vaksinasi tahap kedua ini, total keseluruhan penerima vaksin COVID-19 sebanyak 1.076 orang.

"Dengan demikian, ini menunjukkan bahwa vaksinasi terhadap pelaku usaha wisata Senggigi telah berjalan sesuai dengan apa yang direncanakan," ungkapnya.

Ia juga menjelaskan dalam pelaksanaan vaksinasi pihaknya juga melibatkan personel Polsek Senggigi dan Tim Pendamping Kampung Sehat Jilid II terkait pengawasan dan pengamanan.

Polda NTBFoto: Dok. Polda NTB

"Polres Lobar Polda NTB, memberikan dukungan penuh dalam kegiatan ini, melalui pendamping Tim Kampung Sehat Jilid II, sehingga pengawasan berjalan lebih efektif," pungkasnya.

Sebagai informasi, dalam kegiatan tersebut turut hadir Dir Pamobvit Polda NTB Kombes Pol. Abi Darrin dan Kadis Pariwisata Lombok Barat, Saepul Arkham.

(akn/ega)