23 Personel Polsek Sekotong Lombok Barat Divaksin

Inkana Putri - detikNews
Rabu, 07 Apr 2021 20:36 WIB
Polda NTB
Foto: dok. Polda NTB
Jakarta -

Polsek Sekotong, Lombok Barat, menggelar pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk mempercepat vaksinasi di Kecamatan Sekotong. Vaksinasi dilakukan terhadap 23 personel Polsek Sekotong dan 104 warga yang terdiri dari beberapa Kadus dan tokoh masyarakat.

Kapolsek Sekotong, Polres Lombok Barat, Iptu I Kadek Sumerta mengatakan hal ini merupakan upaya jajarannya agar vaksinasi di Sekotong segera dapat selesai sesuai target.

"Setelah berkoordinasi dengan Kepala Puskesmas Sekotong dan pelanggan, akhirnya vaksinasi dilaksanakan di Mapolsek Sekotong, untuk mempermudah dalam pelaksanaannya," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (7/4/2021).

Kadek menambahkan pelaksanaan vaksinasi ini juga bertujuan agar vaksinasi di Sekotong lebih terkoordinasi dan efektif. Dengan demikian, kegiatan ini sejalan dengan program PPKM skala Mikro dan Lomba Kampung Sehat Jilid II di Sekotong.

"Tujuannya, agar lebih terkoordinir, menyasar personel Polri serta para kepala dusun se-Kecamatan Sekotong, di mana bersentuhan langsung dalam pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Soal pelaksanaan vaksinasi, Kadek menyebut awalnya kegiatan direncanakan untuk penerima vaksin dosis II dan dosis I. Namun, mengingat belum adanya distribusi vaksinasi yang baru dari dinas kesehatan, pelaksanaan vaksinasi dosis I tertunda.

Polda NTBPolda NTB Foto: dok. Polda NTB

"Khusus dosis tahap I tertunda untuk sementara waktu, sampai ada informasi dari pihak terkait," ujarnya.

Meski telah berjalan sesuai target, ia tetap mengimbau dan mengedukasi para Kadus untuk mengajak masyarakat agar tidak ragu mengikuti program vaksinasi dari pemerintah.

"Ini merupakan komitmen Polsek Sekotong dalam mendukung program pemerintah, yaitu melalui vaksinasi COVID-19 yang dikemas dalam Lomba kampung Sehat II ini," ucapnya.

Vaksinasi Drive ThruVaksinasi Drive Thru Foto: Polda NTB

Ia juga berharap adanya vaksinasi bagi anggota Polsek Sekotong dan Kadus se-Kecamatan Sekotong dapat memotivasi masyarakat untuk ikut vaksinasi. Dalam kesempatan tersebut, Kadek juga mengajak masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi COVID-19 guna memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

"Mari ikuti vaksin dan tidak usah takut, agar imun kita makin kuat kita sehat. Semua mengikuti vaksin, dan kami sudah membuktikan jika program vaksinasi COVID-19 ini gratis, aman dan halal," ajaknya.

Menurutnya, selain kebijakan penerapan protokol kesehatan, vaksinasi COVID-19 juga merupakan salah satu cara pemerintah dalam memutus penyebaran COVID-19.

"Karena itu, terkait vaksinasi COVID-19, sudah menjadi keharusan karena dapat meningkatkan herd immunity yaitu kekebalan dalam tubuh," tandasnya.

(prf/ega)