Sambut Bulan Puasa, Kapolda Metro Jaya Buka 'Celengan Ramadhan'

Yogi Ernes, Mei Amelia R - detikNews
Kamis, 08 Apr 2021 14:49 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran bertemu dengan DMI dan BKPMI di Polda Metro Jaya
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran bertemu dengan DMI dan BKPMI di Polda Metro Jaya. (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran membuat program khusus 'Celengan Ramadhan' untuk menyambut bulan puasa. Gerakan ini dilakukan selama Ramadhan untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19.

"Ada beberapa kegiatan-kegiatan 'Ramadhan Barokah yang akan kami lakukan, salah satunya adalah 'Celengan Ramadhan' yang sudah dimulai dari bulan kemarin," ujar Irjen Fadil Imran kepada wartawan, Kamis (8/4/2021).

'Celengan Ramadhan' ini adalah gerakan sederhana untuk mengumpulkan sedikit rezeki dari internal polisi. Nantinya, uang dari 'celengan Ramadhan' ini akan disalurkan dalam bentuk menu buka puasa dan sahur.

Selain itu, Polda Metro Jaya menyumbangkan 5.000 sajadah dan Al-Qur'an untuk disalurkan melalui Badan Komunikasi Pemuda Masjid Indonesia (BKPMI) dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) serta melalui dai kamtibmas.

"Ini tekad kami, niat kami untuk membangun tradisi baru, membangun kebiasaan baru sesuai dengan nilai-nilai agama yang kita anut bahwa kasih sayang, saling tolong-menolong itu bisa kita lakukan," jelasnya.

Secara khusus, Fadil Imran juga bertemu dengan DMI dan BKPMI siang tadi di Polda Metro Jaya. Dalam kesempatan itu, Fadil Imran mengajak peran serta ulama dan pengurus masjid untuk membantu meningkatkan kondusivitas masyarakat, terutama di bulan Ramadhan.

"Tadi bertemu dengan DMI dan BKPMI dalam rangka menyambut bulan sudi Ramadhan, supaya fenomena sahur on the road (SOTR) yang lebih banyak membuat persoalan negatif ini bisa dihilangkan. Supaya puasa lebih tertib juga," tuturnya.

(mei/mei)