Round-Up

PB HMI Menepis Aksi Demo Anies

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 07 Apr 2021 21:04 WIB
Massa bawa bendera HMI demo di Balai Kota DKI Jakarta
Massa membawa bendera HMI berdemo di Balai Kota DKI, Selasa (6/4). (Sachril/detikcom)
Jakarta -

Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) membantah terlibat demonstrasi menuntut agar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ditangkap KPK. Aksi tersebut dinyatakan tak terkait sama sekali dengan organisasi yang didirikan Lafran Pane itu.

"PB HMI tidak ada hubungan dengan aksi tersebut," ujar Ketua Umum PB HMI, Raihan Ariatama, Selasa (6/4/2021).

Aksi mahasiswa yang mengatasnamakan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) itu digelar di Balai Kota DKI Jakarta pada Selasa (6/4). Massa tampak membawa bendera dan spanduk hijau-hitam.

Belakangan diketahui aksi tersebut digelar oleh HMI MPO Cabang Jakarta. Sebagai informasi, HMI MPO muncul pada era Orde Baru gara-gara ada aturan soal asas tunggal yang diberlakukan rezim Soeharto. Setelah Orba tumbang, HMI Dipo dan HMI MPO tetap jalan sendiri-sendiri meski punya asas sama, yakni Islam.

Kembali ke soal aksi. Ketum HMI MPO Cabang Jakarta Irfan Maftuh mengatakan aksi ini dilakukan karena diduga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan kepengurusannya banyak memiliki kasus korupsi. Salah satunya, berkaitan dengan rumah DP 0 rupiah.

"Hari ini kawan-kawan HMI, majelis penyelamat organisasi (MPO) se-cabang Jakarta mengadakan aksi demonstrasi di depan Balai Kota untuk mendesak KPK agar segera tangkap Anies," kata Ketum HMI MPO Cabang Jakarta Irfan Maftuh, Selasa (6/4).

"Karena menurut kajian-kajian dan analisa yang kami kaji selama ini, bahwa Gubernur DKI Jakarta banyak mempunyai kasus-kasus yang saat ini belum dibongkar oleh KPK. Maka hari ini kami HMI MPO Cabang Jakarta dan Jaksel, yang tergabung di cabang se-Jakarta untuk segera turun ke lapangan dengan tuntutan yang pertama kasus DP 0 perumahan DP 0 persen, kedua kasus TGUPP, ketiga kasus lahan tanah GOR, dan lain-lain," sambungnya.

Aksi tersebut seolah memperuncing ketegangan antara HMI MPO Cabang Jakarta dan PB HMI MPO. Sebab sebelumnya PB HMI MPO menyatakan tak terlibat dalam aksi tersebut.

"Dengan sangat tegas, saya mengatakan bahwa rencana aksi geruduk Balai Kota itu bukanlah kebijakan Pengurus Besar HMI MPO secara kelembagaan dan saya pastikan tidak ada satu pun Pengurus Besar HMI dan Pengurus Badko HMI yang terlibat dalam rencana aksi tersebut," kata Ketua PB HMI MPO Affandi Ismail, Senin (5/3).

Simak juga video 'Massa Beratribut HMI Geruduk Balai Kota Jakarta-Demo Anies':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2