Suara Mahasiswa

PB HMI Pastikan Tak Ada Hubungan dengan Pedemo Anies

Haris Fadhil - detikNews
Rabu, 07 Apr 2021 07:26 WIB
Raihan Ariatama Terpilih Jadi Ketum PB HMI Periode 2021-2023
Ketum PB HMI Raihan Ariatama (Foto: Amir Baihaqi)
Jakarta -

Sejumlah orang membawa atribut HMI menggelar demonstrasi menuntut agar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ditangkap KPK. Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) menegaskan tak ada hubungan dengan para pedemo itu.

"PB HMI tidak ada hubungan dengan aksi tersebut," ujar Ketua Umum PB HMI, Raihan Ariatama, Selasa (6/4/2021) malam.

Raihan enggan mengomentari lebih lanjut soal demonstrasi tersebut karena bukan dilakukan oleh organisasinya. Raihan sendiri merupakan Ketum PB HMI yang terpilih dalam Kongres HMI ke-XXXI di Surabaya beberapa waktu lalu.

Demonstrasi menuntut Anies ditangkap KPK itu sendiri digelar massa yang berasal dari HMI MPO (Majelis Penyelamat Organisasi) Cabang Jakarta.

Sebagai informasi, HMI MPO muncul pada era Orde Baru gara-gara ada aturan soal asas tunggal yang diberlakukan rezim Soeharto. Setelah Orba tumbang, HMI dan HMI MPO tetap jalan sendiri-sendiri meski punya asas sama, yakni Islam.

Kembali soal demo menunut Anies ditangkap. Massa aksi membawa spanduk dan bendera dengan logo dan tulisan HMI.

Ketum HMI MPO Cabang Jakarta Irfan Maftuh mengatakan aksi ini dilakukan karena diduga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan kepengurusannya banyak memiliki kasus korupsi. Salah satunya, berkaitan dengan rumah DP 0 rupiah.

"Hari ini kawan-kawan HMI, majelis penyelamat organisasi (MPO) se-cabang Jakarta mengadakan aksi demonstrasi di depan Balai Kota untuk mendesak KPK agar segera tangkap Anies," kata Ketum HMI MPO Cabang Jakarta Irfan Maftuh, Selasa (6/4).

Dia menegaskan aksi itu atas nama HMI MPO Jakarta. Dia meminta tak ada pihak lain yang ikut campur atas aksi yang mereka lakukan.

PB HMI MPO juga buka suara. Ketua PB HMI MPO Affandi Ismail membantah bahwa aksi itu atas nama oraganisasinya. Dia mengatakan pimpinan PB HMI MPO tidak ada yang menggelar aksi itu.

"Dengan sangat tegas, saya mengatakan bahwa rencana aksi geruduk Balai Kota itu bukanlah kebijakan Pengurus Besar HMI MPO secara kelembagaan dan saya pastikan tidak ada satu pun Pengurus Besar HMI dan Pengurus Badko HMI yang terlibat dalam rencana aksi tersebut," katanya.

Dia juga menyebut Anies sebagai salah satu kader terbaik HMI MPO. Dia menegaskan HMI MPO tetap kritis terhadap seluruh kepala daerah.

Simak Video: Massa Beratribut HMI Geruduk Balai Kota Jakarta-Demo Anies

[Gambas:Video 20detik]



(haf/dwia)