detikcom Do Your Magic

Pejalan Kaki Harap Penghalang Motor di Trotoar Kuningan Segera Dipasang

Afzal Nur Iman - detikNews
Selasa, 06 Apr 2021 18:44 WIB
Potret Pemotor Terobos Pedestrian Kolong JLNT Casablanca
Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta -

Ide pemberian pembatas jalan pada jalur pedestrian di Jl Prof Dr Satrio, depan mal Kuningan City, Jakarta Selatan muncul gegara pemotor yang kerap putar balik di sana. Pejalan kaki berharap ide tersebut dapat terealisasi.

"Setuju, soalnya kan biar aman juga kan," ujar Intan Makfiroh, pejalan kaki yang ditemui di lokasi pada Selasa (6/4/2021).

Intan menyambut baik ide pemberian pembatas jalan pada tempat pejalan kaki. Menurutnya sepeda motor yang kerap putar balik di tempat tersebut membahayakan pejalan kaki.

"Ya bahaya sih, soalnya kadang-kadang bikin orang kaget yang mau jalan sebaliknya gitu," lanjutnya.

Selain diberi pembatas, Intan juga ingin tempat tersebut diberi rambu-rambu dilarang putar balik. Harapannya setelah ada pembatas tidak ada lagi kendaraan yang purat balik.

"Ya dikasih tanda aja ga boleh lewat, jangan sampai ada yg lewat gitu," ujarnya.

Tanpa pembatas, pengendara memang diharapkan juga tidak melakukan putar balik kendaraan di tempat pejalan kaki. Hal tersebut merupakan harapan Theo Takashi, seorang pejalan kaki yang kerap melewati pedestrian tersebut.

"Harapannya sih tanpa pembatas sudah tertib gitu, kesadaran sendiri," ujarnya saat di lokasi.

Theo memang berharap pengendara motor memiliki kesadaran untuk putar balik di tempat yang disediakan. Namun ia juga setuju apabila tempat tersebut diberi pembatas. Dia mengaku terganggu dengan adanya sepeda motor yang putar balik di sana.

"Ya terganggu juga saya," ungkapnya.

Naziatul, seorang karyawan yang bekerja di sekitar tempat tersebut juga merasa terganggu dengan adanya sepeda motor yang putar balik.

"Kadang iya sih (terganggu), soalnya ini kan buat penyebrangan juga ya risih aja gitu," jelasnya.