WNA India Diamankan Lantaran Kerap Palak Warung di Denpasar Bali

Sui Suadnyana - detikNews
Selasa, 06 Apr 2021 18:12 WIB
Satpol PP Denpasar Amankan WNA India Diduga Kerap Palak Warung
Satpol PP Denpasar Amankan WNA India Diduga Kerap Palak Warung (Dok. Istimewa)
Denpasar -

Warga negara asing (WNA) asal India bernama Pradeep Kumar Xplorer diamankan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Denpasar, Bali. Pasalnya, pria tersebut diduga kerap melakukan pemalakan di salah satu warung yang berada di Jalan Panglima Besar Jenderal Sudirman, Denpasar.

Pengamanan WNA India tersebut dilakukan oleh pihak Satpol PP Kota Denpasar, Bali, pada Senin (5/4). Langkah itu diambil untuk menindaklanjuti aduan dari masyarakat dan pemilik salah satu warung pojok di Jalan Panglima Besar Jenderal Sudirman.

"Diinfokan bahwa ada seorang bule India sering minta-minta kepada pengunjung warung. Nah itu kan hampir seminggu dilaporkan, baru kemarin datang baru lagi, ditelepon oleh pemilik warung itu. Langsung kita tindaklanjuti (dan) kebetulan ketemu. Itu kita amankan ke kantor sambil proses pemeriksaan lebih lanjut," kata Kepala Satpol PP Kota Denpasar I Dewa Gede Anom Sayoga saat dihubungi detikcom, Selasa (6/4/2021).

Setelah dilakukan pengamanan, Satpol PP Kota Denpasar kemudian berkoordinasi dengan berbagai pihak, seperti Konjen, Konsulat, maupun pihak imigrasi. Akhirnya, WNA tersebut kini telah diserahterimakan ke pihak Kantor Imigrasi Kelas I Denpasar.

Anom Sayoga mengatakan pihaknya tidak bisa mengetahui pasti alasan WNA India tersebut memilih jalan meminta-minta di Bali. Sebab, pengakuan yang bersangkutan plinplan. Bahkan yang bersangkutan beberapa kali mengaku sebagai warga negara Amerika.

"Pengakuan WNA ini plinplan soalnya, lagi mengaku-mengaku orang Amerika. Sebab, tidak didukung paspor kan. Hanya membawa beberapa dokumen dan dokumen. Itu juga kalau tyang (saya) lihat sepintas pernah dideportasi dari Amerika," terang Anom Sayoga.

(maa/maa)