Pemkot Anggarkan Rp 79 Juta untuk Renovasi Rumah ala Panggung di Kp Melayu

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Senin, 05 Apr 2021 22:09 WIB
Proyek ini berlokasi di RT 13/RW 04 Kampung Melayu, Jakarta. Hari Senin (5/4/2021), renovasi rumah model panggung ini masih berjalan.
Proyek rumah panggung di Kampung Melayu, Jaktim (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta melalui Pemkot Jakarta Timur merenovasi 40 rumah di Kampung Melayu, Jakarta Timur, menjadi model panggung. Dana yang dianggarkan untuk renovasi satu rumah Rp 79,8 juta per unit.

"Sementara teranggarkan Rp 79,8 juta per rumah. Angka bisa berubah disesuaikan dengan kondisi di lapangan," kata Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar saat dihubungi, Senin (5/4/2021).

Anwar memastikan dana renovasi berkonsep kampung vertikal ini bukan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta 2021, melainkan anggaran dari Baznas Bazis DKI Jakarta.

"(Dana) non-APBD, tapi dari Baznas Bazis DKI Jakarta," ucapnya.

Lebih lanjut Anwar menerangkan pembangunan tahap pertama sedang bergulir. Pembangunan ini diawali dengan pembongkaran 18 unit rumah di kawasan ini serta pemasangan fondasi cakar ayam.

"Per 4 April telah selesai pekerjaan fondasi cakar ayam, balok sloof, lalu telah dimulai pekerjaan struktur kolom (tiang) dan bekisting balok bangunan," jelasnya.

Sebagaimana diketahui, puluhan rumah di RT 13 RW 04 Kampung Melayu direnovasi lantaran berada di kawasan yang menjadi langganan banjir. Nantinya, tiap rumah memiliki 3 lantai dan bisa dimanfaatkan untuk tempat usaha.

"Rumah warga akan dibangun berlantai tiga. Untuk bagian atasnya dijadikan rumah, lalu bagian bawahnya dibuat model panggung setinggi 3,5 meter untuk usaha dan interaksi sosial," kata Anwar melalui akun Instagram Pemprov DKI Jakarta, @dkijakarta, yang dilihat detikcom, Minggu (4/4/2021).

Pembangunan dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta melalui Pemkot Jakarta Timur bersama Baznas DKI dan Karya Bakti TNI. Pihaknya menargetkan pembangunan ini rampung sebelum Idul Fitri.

Dilihat detikcom, desain kampung vertikal terbagi menjadi tiga zona, yakni zona pendidikan, zona bermain, dan zona ekonomi. Kemudian, ruang terbuka hijau (RTH) akan diposisikan di gang-gang yang tersedia di sekitar situ.

Untuk fondasi rumah panggung akan dibuat setinggi 0,3 meter. Kemudian, lantai 1 setinggi 3,2 meter akan dibangun teras, dapur, serta ruang tamu. Lantai 2 dan 3 yang masing-masing setinggi 2,4 meter dan 3,34 meter akan dibangun kamar tidur dan ruang bersama.

Lihat juga video saat 'Banjir di Kebon Pala Masih Setengah Meter Lebih!':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)