Rumah Direnovasi Model Panggung, Warga Kp Melayu Kenang Hujan Sedikit Banjir

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Minggu, 04 Apr 2021 15:23 WIB
Renovasi rumah di Kampung Melayu, Jaktim.
Renovasi rumah di Kampung Melayu, Jaktim. (Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom)
Jakarta -

Sebanyak 40 rumah langganan banjir di RT 13 RW 04, Kebon Pala, Kampung Melayu, akan direnovasi oleh Pemprov DKI Jakarta. Renovasi rumah itu akan dibuat model panggung.

Tjindrawati, salah satu warga RT 13 RW 04 yang rumahnya direnovasi, bersyukur. Dia mengenang wilayahnya itu kerap kebanjiran meski dilanda hujan sebentar saja.

"Alhamdulillah. Rumahnya jadi lebih bagus. Jadi ada tempat main. Pokoknya kalau hujan sedikit banjir. Parah pokoknya. Sampai ke lantai 2," ujar Tjindrawati kepada wartawan di lokasi, Minggu (4/4/2021).

Selain itu, warga yang rumahnya sedang dalam tahap renovasi dipindahkan oleh pemerintah ke beberapa rumah kontrakan dan kos-kosan. Sementara itu, Ita merasa terbantu atas bantuan yang diberikan pemerintah.

"Dibayar pemerintah sampai rumahnya selesai. 500 ribu sebulannya," kata Ita.

Kini rumah Ita sedang dalam proses renovasi mulai dari halaman depan sampai ke belakang.

"Ya pokoknya supaya nggak kena banjir, kan kalau kebanjiran kita bisa ke atas. Biasanya ngungsi. Cuma diambil 4 meter buat halaman buat pertemuan bisa. Tinggalnya di atas," ujarnya.

Sementara itu, Ketua RT 13 RW 04, Kebon Kelapa, Kampung Melayu, Sanusi, mengatakan 32 rumah langganan banjir di RT 13 RW 04 Kebon Pala akan direnovasi.

"Yang akan dibedah itu ada 18 rumah, yang bedah tampak itu ada 14 rumah. Totalnya ada 32 rumah," ujarnya.

Kegiatan renovasi ini sudah dimulai pada 31 Maret lalu. Rencananya rumah-rumah ini dibangun 3 lantai untuk mengantisipasi banjir.

"Tanggal 31 Maret kemarin. Pak Wali Kota datang ke sini. Jadi, proyeknya ada 3 lantai, yang paling depan itu dibikin ruang publik, ke belakangnya itu dikasi taman sekitar 1 meter sama ada ruang tamu. Dibikin 3 lantai, ada ruang keluarga dan kamar tidur," kata Sanusi.

"Sebelum Lebaran 80% sudah selesai," tambah dia.

Diketahui Pemprov DKI Jakarta berencana merenovasi puluhan rumah di Kampung Melayu, Jakarta Timur, menjadi model panggung. Puluhan rumah tersebut berada di kawasan yang menjadi langganan banjir.

Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar menerangkan ada 40 rumah di RT 13 RW 04, Kampung Melayu, yang akan direnovasi berkonsep kampung vertikal. Nantinya, tiap rumah memiliki 3 lantai, dan bisa dimanfaatkan untuk tempat usaha.

"Rumah warga akan dibangun berlantai tiga. Untuk bagian atasnya dijadikan rumah, lalu bagian bawahnya dibuat model panggung setinggi 3,5 meter untuk usaha dan interaksi sosial," kata Anwar melalui akun Instagram Pemprov DKI Jakarta, @dkijakarta, yang dilihat detikcom, Minggu (4/4).

(idn/idn)