Poin-poin Pemerintah Izinkan Salat Tarawih dan Salat Idul Fitri 2021

Tim detikcom - detikNews
Senin, 05 Apr 2021 17:05 WIB
Jakarta -

Pemerintah mengizinkan ibadah salat tarawih dan Idul Fitri dilakukan di luar rumah. Ada sejumlah poin yang patut diperhatikan masyarakat terkait kebijakan pemerintah ini.

"Khusus mengenai kegiatan ibadah selama Ramadhan dan ibadah Idul Fitri, yaitu salat tarawih dan salat Idul Fitri, pada dasarnya diperkenankan atau dibolehkan," kata Menko PMK Muhadjir Effendy dalam konferensi pers virtual, Senin (5/4/2021).

Menko PMK Muhadjir Effendy kemudian menjelaskan sejumlah poin agar salat tarawih dan Idul Fitri dapat berjalan dengan lancar. Berikut poin-poinnya:

1. Prokes Ketat

Poin pertama yang ditekankan Muhadjir yakni jemaah menerapkan protokol kesehatan atau prokes secara ketat dalam menjalankan ibadah salah tarawih dan Idul Fitri. Salat pun dianjurkan dilakukan di luar rumah.

"Yang harus dipatuhi adalah protokol harus dilaksanakan dengan ketat. Jemaahnya boleh di luar rumah," kata Muhadjir.

2. Jemaah Komunitas

Hal kedua yang yang perlu diperhatikan yakni soal jemaah yang melakukan salat tarawih dan Idul Fitri. Muhadjir mengatakan sebaiknya salat tarawih dan Idul Fitri jemaah komunitas sehingga jemaah di luar komunitas itu tak ikut terlibat.

"Tapi dengan catatan harus terbatas pada komunitas, di mana para jemaahnya sudah dikenali satu sama lain. Sehingga jemaah dari luar mohon supaya tidak diizinkan," ujarnya.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya: