PDIP Kritik Anies soal Rumah Langganan Banjir Diubah Jadi Model Panggung

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Senin, 05 Apr 2021 05:17 WIB
Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta Gembong Warsono di Kantor DPD PDIP Jakarta, Rabu (20/4/2016)
Gembong Warsono (Foto: Ari Saputra)

Lebih lanjut, Gembong mengatakan proses normalisasi sungai harus segera dituntaskan. Sebab, saat ini sebagian besar sungai di Ibu Kota menyempit.

"Karena memang konsep normalisasi karena memang kali kita nggak normal kan. Kenapa nggak normal? Karena kali kita udah menyempit semua. Pemprov harus punya kewajiban penetrase yang sebenarnya yang disebutkan oleh undang-undang kan itu aja. Kalau itu sudah bisa dilakukan, insya Allah penanganan banjir kita akan tuntas," tutur dia.

Pemprov DKI Jakarta sebelumnya, berencana merenovasi puluhan rumah di Kampung Melayu, Jakarta Timur, menjadi model panggung. Puluhan rumah tersebut berada di kawasan yang menjadi langganan banjir.

Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar menerangkan ada 40 rumah di RT 13 RW 04, Kampung Melayu, yang akan direnovasi berkonsep kampung vertikal. Nantinya, tiap rumah memiliki 3 lantai, dan bisa dimanfaatkan untuk tempat usaha.

"Rumah warga akan dibangun berlantai tiga. Untuk bagian atasnya dijadikan rumah, lalu bagian bawahnya dibuat model panggung setinggi 3,5 meter untuk usaha dan interaksi sosial," kata Anwar melalui akun Instagram Pemprov DKI Jakarta, @dkijakarta, yang dilihat detikcom, Minggu (4/4).


(lir/imk)