Pemkot Jaksel Bongkar Puluhan Kios Liar di Pinggir Kali Baru Tebet

Rahmat Fathan - detikNews
Selasa, 30 Mar 2021 14:25 WIB
Pemkot Jaksel Bongkar Puluhan Kios Liar di Pinggir Kali Baru Tebet (Foto: dok Pemkot Jaksel)
Pemkot Jaksel Bongkar Puluhan Kios Liar di Pinggir Kali Baru Tebet (Foto: dok Pemkot Jaksel)
Jakarta -

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan menertibkan 25 kios yang yang berada di Jalan Prof Dr Soepomo, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan. Puluhan bangunan liar itu digusur lantaran berdiri di atas aset Pemerintah Provinsi DKI Jakarta seluas 837 m2.

Camat Tebet Dyan Airlangga mengatakan kegiatan pembebasan lahan itu dimulai sejak pukul 08.00 WIB pagi tadi. Total 150 personel Satpol PP hingga anggota TNI dan polisi diterjunkan ke lokasi.

"Iya hari ini, kegiatan dari jam 8. (Ada) 25 (kios). Macam-macam, ada warteg, ada fotokopi, ada warung soto, pulsa, ada obat kuat," ujar Dyan saat dikonfirmasi, Selasa (30/3).

Dyan mengaku telah melakukan sosialisasi terhadap para pemilik kios yang berdiri di pinggir saluran Kali Baru itu digusur sebelum penertiban dilakukan. Pihaknya juga telah memberikan solusi dari persoalan tersebut.

"Kita sudah sampaikan kalau mereka mau ambil opsi yang kita tawarkan, mereka mau masuk ke UKM-UKM, kita siapkan. Itu aja. Cuma kalau minta ganti rugi lahan dan sebagainya kita nggak ada karena memang lahan tersebut mereka tidak punya sertifikat. Kita bisa lakukan penggantian kalau misalnya ada sertifikat," ucap dia.

Menurut Dyan, sempat ada perlawanan dari pihak pemilik kios. Kendati begitu, proses penertiban tetap berjalan dan kini sedang sedang dilakukan pembersihan puing-puing.

"Ada (perlawanan). Kalau itu sih pasti ada. Ketidakpuasan, mungkin bangunannya mau manfaatkan kembali. Pasti ada. Kalau mereka protes sih wajar ya tapi tidak sampai yang terlalu ekstrem, nggak. Bisa dikendalikan," kata Dyan.

Pemkot Jaksel Bongkar Puluhan Kios Liar di Pinggir Kali Baru Tebet (Foto: dok Pemkot Jaksel)Pemkot Jaksel Bongkar Puluhan Kios Liar di Pinggir Kali Baru Tebet (Foto: dok Pemkot Jaksel)

Dia menjelaskan penertiban lahan ini merupakan upaya mitigasi banjir yang ada di kawasan tersebut. Menurut Dyan, pemerintah nantinya akan menyiapkan tempat untuk perawatan saluran air di lokasi ini.

"Jadi rencana kan alat-alat berat saluran akan masuk ke situ. Kita akan lakukan pengurasan dan sebagainya, perbaiki turapnya dan sebagainya. Intinya kita mengembalikan fungsi saluran agar volumenya bertambah sehingga kita mengurangi atau mengatasi genangan, khususnya yang ada di wilayah Soepomo," tuturnya.

Sebelumnya, Pemkot Jaksel melalui Satpol PP Kota Jaksel telah menerbitkan Surat Peringatan I, II, dan III kepada pemilik kios tersebut. Sebab, kios-kios tersebut dibangun di atas aset Pemprov DKI Jakarta seluas 837 m2 yang terletak di Saluran Kali Baru Barat, Menteng Dalam, Tebet, Jaksel.

Sudin UMKM Kota Jaksel juga telah menyiapkan relokasi bagi para pemilik kios. Mereka nantinya akan ditempatkan ke Lokasi Binaan Kuliner Pasar Minggu dan Lokasi Binaan JS 04 Setiabudi.

(mae/mae)