Ledakan di Depan Polres Pangkalpinang Bikin Geger, Ternyata Ini Sebabnya

Deni Wahyono - detikNews
Sabtu, 03 Apr 2021 18:23 WIB
Suara ledakan terdengar di depan Mapolres Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung (Babel). Bunyi ledakan itu sempat menggegerkan warga yang melintas di kawasan tersebut. Suara ledakan disebabkan tupai masuk ke dalam gardu PLN.
Foto: Suara ledakan di depan Mapolres Pangkalpinang (Dok. Istimewa)
Pangkalpinang -

Suara ledakan terdengar di depan Mapolres Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung (Babel). Suara ledakan itu sempat menggegerkan warga yang melintas di kawasan tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun detikcom, peristiwa suara ledakan itu terjadi di kawasan Jalan Ahmad Yani, Pangkalpinang, Bangka, sekitar pukul 10.00 WIB. Tepatnya, suara ledakan itu di depan Mapolres Pangkalpinang.

Karena suara ledakan tak jauh dari Mapolres Pangkalpinang, sontak peristiwa itu membuat warga yang melintas. Warga pun mencari sumber suara ledakan, termasuk anggota kepolisian yang sedang berjaga di Mapolres Pangkalpinang.

Kasat Reskrim Polres Pangkalpinang AKP Adi Putra membenarkan adanya suara ledakan yang sempat menggegerkan warga itu. Saat kejadian, Adi dan sejumlah personel dengan bersenjata lengkap langsung mengecek sumber suara ledakan.

"Kita langsung cek lokasi. Ternyata suara ledakan itu berasal dari gardu PLN yang rusak atau korsleting," jelas Adi Putra saat dikonfirmasi detikcom, Sabtu (3/4/2021).

Saat ini, lanjut Adi, gardu PLN yang mengalami korsleting itu menimbulkan suara dan saat ini sudah diperbaiki pihak PLN. Adi memastikan situasi Kota Pangkalpinang aman.

"Saya pastikan situasi aman terkendali. Hanya ledakan korsleting gardu PLN di samping depan Mako Polres Pangkalpinang," ucap Adi.

Suara ledakan terdengar di depan Mapolres Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung (Babel). Bunyi ledakan itu sempat menggegerkan warga yang melintas di kawasan tersebut. Suara ledakan disebabkan tupai masuk ke dalam gardu PLN.Suara ledakan terdengar di depan Mapolres Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung (Babel). Bunyi ledakan itu sempat menggegerkan warga yang melintas di kawasan tersebut. Suara ledakan disebabkan tupai masuk ke dalam gardu PLN. (Dok. Istimewa)

Meski pun sempat membuat geger warga hingga membuat kemacetan di kawasan Mapolres Pangkalpinang, kini kondisi kembali normal setelah dipastikan sumber ledakan berasal dari gardu PLN.

Sementar itu Manajer Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN Pangkalpinang Syahrianto menjelaskan penyebab ledakan itu karena adanya tupai yang masuk ke gardu PLN. Listrik di Pangkalpinang kembali normal.

"Penyebabnya ada tupai yang masuk ke dalam gardu. Namun petugas langsung segera melakukan penormalan dan listrik kembai normal," jelasnya.

Simak video 'Pengakuan Teroris di Jakarta: Simpatisan FPI, Ingin Ledakan Industri China':

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/jbr)