Jemaat di Tangsel Bersyukur Bisa Ibadah Misa Jumat Agung di Gereja Lagi

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Jumat, 02 Apr 2021 18:33 WIB
Gereja Katolik Santo Laurensius Tangsel.
Gereja Katolik Santo Laurensius Tangsel (Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom)
Jakarta -

Ibadah Misa Jumat Agung di Gereja Katolik Santo Laurensius, Kota Tangerang Selatan, berlangsung khidmat dan tetap menjalankan protokol kesehatan. Jemaat yang hadir dibatasi dengan kapasitas 20 persen.

"Ada 350, 20 persen dari kapasitas gereja. Kalau kapasitas penuh gereja bisa 2.500. Selebihnya untuk internal saja. Karena untuk steril prokes dan keamanan," ujar Hartapa, Wakil Dewan Paroki Gereja Katolik Santo Laurensius, Serpong, Tangerang Selatan, kepada detikcom di lokasi, Minggu (2/4/2021).

Hartapa menjelaskan tema Pekan Suci Paskah 2021 di Gereja Katolik Santo Laurensius adalah 'Semakin Mengasihi, Semakin Terlibat, Semakin Membawa Berkah'. Jemaat yang hadir mengikuti aturan prokes yang ditetapkan.

Evan, jemaat Misa Jumat Gereja Katolik Santo Laurensius, Tangsel, bersyukur bisa menjalankan ibadah misa secara langsung ke gereja. Tahun lalu, ibadah Jumat Agung dilakukan secara virtual.

"Tahun ini saya bersyukur karena masih bisa misa di gereja. Tahun lalu hanya ibadah virtual, jadi kurang meriah. Tahun lalu soalnya saya ibadah virtual di rumah. Jadi tahun ini kayaknya lebih meriah karena bisa ke gereja," kata Evan.

Aries, jemaat Misa Jumat Gereja Katolik Santo Laurensius, Tangsel, juga mengungkapkan tahun ini dapat menjalankan ibadah dengan khidmat dan dengan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan. Pengamanan di area Gereja sudah dilakukan sejak Kamis lalu.

Kegiatan pengamanan akan terus dilakukan hingga hari Minggu yang masuk dalam rangkaian Pekan Suci Paskah 2021. Jemaat yang mengikuti acara kebaktian pun harus mendaftar terlebih dahulu seminggu kegiatan ibadah dilakukan. Setelahnya jemaat akan mendapatkan barcode untuk akses masuk gereja.

(idn/idn)