Polda Metro Harap Jemaat Tak Bawa Tas ke Gereja Saat Jumat Agung-Paskah

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 01 Apr 2021 19:15 WIB
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus
Kombes Yusri Yunus (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah upaya pengamanan mulai dilakukan aparat kepolisian jelang ibadah Jumat Agung hingga Paskah akhir pekan ini. Polda Metro Jaya berharap jemaat tak membawa tas saat ibadah peringatan Jumat Agung hingga Paskah.

"Kita harap jemaat nanti melalui panitia tidak perlu bawa tas. Karena nanti pas masuk akan kami periksa," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan, Kamis (1/4/2021).

Imbauan itu bukan tanpa alasan. Menurut Yusri, dengan jemaat yang tidak membawa tas, maka hal tersebut akan mempercepat proses pengecekan yang dilakukan oleh petugas keamanan di lokasi, baik dari kepolisian maupun keamanan internal gereja.

"Ini merupakan langkah preventif agar tidak terlambat jemaat yang lain untuk ibadah. Jadi nggak usah bawa tas. Langsung datang dan duduk," ungkap Yusri.

Selain itu, Yusri mengatakan polisi akan melakukan sterilisasi sebelum berlangsungnya ibadah Jumat Agung hingga Paskah. Pengawasan lewat CCTV atau kamera pengawas pun akan diperketat.

"Nanti kami akan lakukan sterilisasi oleh satuan Brimob, mereka masuk ke gereja-gereja. Kedua kita kerja sama dengan gereja untuk cek ulang CCTV yang ada. Bekerja sama dengan pengamanan setempat untuk lakukan pemantauan," ujar Yusri.

Bukan hanya pengamanan di area gereja, Yusri menyebut sepanjang titik-titik yang berada di gereja tersebut pun akan dilaksanakan patroli oleh kepolisian.

"Kita standby di sana mobil patroli dari TNI dan Polri," imbuh Yusri.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya: