Wakapolda Metro Tinjau Pengamanan Gereja di Jakbar, Jamin Keamanan Jemaat

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 01 Apr 2021 18:44 WIB
Wakapolda Metro Jaya Brigjen Hendro Pandowo di Gereja Kristus Salvator, Slipi, Jakbar, Kamis (1/4/2021).
Wakapolda Metro Jaya Brigjen Hendro Pandowo di Gereja Kristus Salvator. (Yogi/detikcom)
Jakarta -

Wakapolda Metro Jaya Brigjen Hendro Pandowo meninjau pengamanan Gereja Kristus Salvator di Slipi, Jakarta Barat (Jakbar). Hendro meninjau kesiapan pengamanan menjelang ibadah Jumat Agung.

Pantauan detikcom di Gereja Kristus Salvator, Kamis (1/4/2021), Hendro tiba sekitar pukul 17.25 WIB dan disambut Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Ady Wibowo dan pengurus gereja. Dia kemudian mengecek kondisi keamanan Gereja Kristus Salvator.

Wakapolda Metro Jaya Brigjen Hendro Pandowo tiba di Gereja Kristus Salvator, Slipi, Jakbar, Kamis (1/4/2021).Wakapolda Metro Jaya Brigjen Hendro Pandowo tiba di Gereja Kristus Salvator. (Yogi/detikcom)

Awalnya Hendro mengecek protokol kesehatan di lokasi dengan memastikan ketersediaan alat pencuci tangan dengan hand sanitizer. Kunjungan Hendro bertepatan dengan ibadah misa yang sedang dilakukan oleh jemaat.

Hendro menilai persiapan pengamanan di Gereja Kristus Salvator berjalan baik. Ada empat ring penjagaan yang tersedia di lokasi tersebut.

"Di Gereja Kristus Salvator ini kurang-lebih 40 personel yang kita bagi 4 ring. Syukur alhamdulillah sampai saat ini proses ibadah sedang berlangsung dalam sehari satu kali dan dihadiri 200 jemaat," kata Hendro.

Dalam kunjungan singkatnya tersebut, Hendro memastikan keamanan bagi umat Kristiani di Jakarta untuk beribadah Jumat Agung dan perayaan Paskah. Dia menyebut pihak Polda Metro Jaya telah menyiapkan sejumlah personel untuk mengamankan jalannya ibadah tersebut.

"Prinsipnya semua gereja yang melakukan ibadah kita lakukan pengamanan. Jemaat silakan melakukan ibadah perayaan Paskah dengan aturan kehadiran yang telah diatur masing-masing gereja karena pandemi COVID-19 dan Polri, Polda Metro Jaya siap menjamin keamanan jemaat gereja," tutur Hendro.

Untuk diketahui, sebanyak 833 gereja di wilayah hukum Polda Metro Jaya dijadwalkan menggelar ibadah Jumat Agung hingga perayaan Paskah akhir pekan ini. Ribuan personel pengamanan pun telah disiapkan mengamankan ibadah tersebut.

"Jadi memang saudara kita ya pada Jumat Agung besok ini di wilayah hukum Polda Metro Jaya saja ada 833 gereja melaksanakan ibadah dari 13 polres yang ada. Kekuatan yang kita turunkan sekitar 5.590 personel, baik itu Polres maupun dari Polda, nanti di-backup oleh teman-teman dari TNI juga," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat dihubungi, Kamis (1/4) siang.

Selain pengamanan dari aparat gabungan TNI-Porli, Yusri mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan pengamanan internal tiap gereja untuk mengamankan jalannya ibadah.

Dia menyebut pengamanan bukan hanya akan dilakukan di area gereja, namun di titik-titik sepanjang lokasi gereja juga akan dilakukan pengamanan.

"Kami jaga bersama-sama dengan pengamanan internal di gereja. Di satu sisi kami juga berpatroli terus di ring-ring luarnya," imbuh Yusri.

(ygs/zak)