detikcom Do Your Magic

Barier untuk Atasi Macet Jl Moh Kahfi I Dinanti, Baru Terpasang 15 Unit

Afzal Nur Iman - detikNews
Kamis, 01 Apr 2021 18:27 WIB
Barier atau pembatas jalan di Jl Moh Kahfi I, Jagakarsa, Jakarta Selatan, 1 April 2021. (Afzal NI/deticom)
Barier atau pembatas jalan di Jl Moh Kahfi I, Jagakarsa, Jakarta Selatan, 1 April 2021. (Afzal NI/detikcom)
Jakarta -

Untuk mengatasi macet di Jl Moh Kahfi I di Jagakarsa, Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Polres Jakarta Selatan bakal menggeser lokasi putar balik sampai 700 meter, yakni ke SPBU Pasar Timbul. Untuk menggeser lokasi putar balik biang macet itu, barier atau pembatas jalan ditunggu. Kini, barier sudah ada, tapi masih sedikit.

Pantauan detikcom Do Your Magic di lokasi, persimpangan Jl Moh Kahfi I-Jl Warung Silah-Jl Brigif, Jagakarsa, Jaksel, Kamis (1/4/2021) sore hari, terlihat ada 15 barier di sini.

Tentu, 15 barier masih sangat kurang bila dimaksudkan untuk menutup putar balik dari persimpangan jalan itu sampai ke SPBU dekat Pasar Timbul.

Satu barier panjangnya hanya sekitar 1 meter, sedangkan jarak antara Jl Warung Silah ke SPBU dekat Pasar Timbul adalah 700 meter. Berarti kira-kira butuh 700 barier bila Dishub dan Polisi benar-benar ingin menutup rapat celah putar balik dari Jl Warung Silah sampai ke SBPU dekat Pasar Timbul.

Barier atau pembatas jalan di Jl Moh Kahfi I, Jagakarsa, Jakarta Selatan, 1 April 2021. (Afzal NI/deticom)Barier atau pembatas jalan di Jl Moh Kahfi I, Jagakarsa, Jakarta Selatan, 1 April 2021. (Afzal NI/detikcom)

Kondisi di lokasi, 11 barier dijejer dari arah Jl Warung Silah ke selatan (arah Depok). Dengan begitu, kendaraan tidak bisa lagi berputar balik ke arah Jl Brigif (ke Tol Desari). Namun di titik ini ada celah selebar 2 meter yang digunakan pemotor untuk berputar balik. Mobil tidak cukup untuk putar balik di sini.

Selepas 11 barier dijejer menyisakan celah selebar 2 meter, barulah 4 barier dijejer kembali. Di lokasi barier ke-15 itulah, mobil-mobil di Jl Moh Kahfi I (atau juga dari Jl Warung Silah) bisa berputar balik untuk menuju Jl Brigif (ke arah Tol Desari). Meski begitu, belum teramati mobil-mobil putar balik pada sore hari ini.

Selanjutnya, sekilas soal rencana pemindahan putar balik dan penantian akan barier.

Selanjutnya
Halaman
1 2