detikcom Do Your Magic

Putar Balik Jl Moh Kahfi I Akan Dipindah Dekat SPBU Pasar Timbul

Arief Ikhsanudin - detikNews
Selasa, 30 Mar 2021 12:22 WIB
Jl Moh Kahfi I Jelang Jl Brigif Macet
Foto: Kondisi Jl Moh Kahfi I, Jagakarsa (Danu Damarjati/detikcom).
Jakarta -

Rekayasa lalu lintas (lalin) akan diterapkan untuk mengatasi macet di simpang Jl Moh Kahfi I-Jl Brigif, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Salah satunya dengan memperpanjang pembatas jalan dan lokasi putar balik.

Rencananya, pembatas jalan (barier) di bagian selatan Jl Moh Kahfi I (arah Depok) akan diperpanjang. Saat ini, lokasi putar balik di Jl Moh Kahfi I tidak jauh dari lokasi simpang Jl Brigif.

"Kemarin (rapat dengan jajaran pemerintah), sepakat mau tambah barier. Nanti di depan, dekat pom bensin (lokasi putar balik)," ucap Kasatlantas Wilayah Jakarta Selatan, Kompol Sri Widodo, saat dihubungi, Selasa (30/1/2021).

Pom bensin atau SPBU yang dimaksud adalah, di dekat Pasar Timbul, Jagakarsa. Sehingga, jarak diperjauh sekitar 600-700 meter dari lokasi semula.

Untuk saat ini, Sri menyebut ada anggotanya yang akan membantu mengatur lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan. Namun, polisi juga terbentur personel sehingga tidak selalu ada saat jam sibuk.

"Kami dari kepolisian, di jam-jam sibuk, kita akan tambah anggota. Karena anggota terbatas," ujarnya.

Sementara itu, berbeda dengan keterangan dari Asisten Ekonomi dan Pembangunan Jakarta Selatan Mukhlisin, tidak ada pembukaan pembatas jalan di depan Jl Brigif. Jika dibuka, menurut Sri, akan terjadi penumpukan kendaraan.

"Kalau langsung belok, bikin trouble dong. Kalau mengurai kemacetan perpanjang putarannya. Harus belok kiri, mau jam sibuk atau tidak," kata Sri.

(aik/dnu)