Katedral Makassar Bersiap Gelar Misa Kamis Putih, Polisi Perketat Pengamanan

Hermawan Mappiwali - detikNews
Kamis, 01 Apr 2021 12:03 WIB
Polisi perketat pengamanan di Gereja Katedral, Makassar (Hermawan/detikcom).
Foto: Polisi perketat pengamanan di Gereja Katedral, Makassar (Hermawan/detikcom).
Makassar -

Umat Katolik di Gereja Katedral Makassar hari ini bersiap memulai rangkaian Pekan Suci Paskah setelah akhir pekan lalu ibadah Misa Minggu Palma diwarnai ledakan bom bunuh diri. Polri pun memperketat pengamanan pengamanan lokasi.

Pantauan detikcom, Kamis (1/4/2021), polisi bersenjata lengkap tengah berjaga di depan Gereja Katedral Makassar. Awak media yang mencoba memasuki halaman gereja belum diperkenankan.

Polisi perketat pengamanan di Gereja Katedral, Makassar (Hermawan/detikcom).Polisi perketat pengamanan di Gereja Katedral, Makassar (Hermawan/detikcom). Foto: Polisi perketat pengamanan di Gereja Katedral, Makassar (Hermawan/detikcom).

Kemudian di halaman gereja juga terlihat aparat melakukan pengamanan dengan cara melakukan patroli di sekitar gereja. Sementara itu, pihak dari Gereja Katedral Makassar tengah melakukan persiapan di mana pada sore hari nanti akan menggelar ibadah Kamis Putih sebagai salah satu rangkaian Pekan Suci Paskah.

Persiapan itu yakni terlihat sejumlah pekerja memasang tenda di halaman gereja. Sementara dari kejauhan, juga tampak kesibukan di dalam gereja di mana sejumlah orang terlihat lalu-lalang melakukan persiapan ibadah.

Terkait rangkaian Pekan Suci Paskah di Gereja Katedral Makassar tersebut, polisi mengaku prosesnya tak akan terganggu sebab sudah ada jaminan keamanan. Ribuan Personel diterjunkan.

"Untuk pengamanan Gereja Katedral yang kemarin dibom bersiap melakukan misa, jadi tidak ada gangguan, pengamanan sudah kita perketat," jelas Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Zulpan saat dihubungi detikcom, Kamis (1/4/2021).

Zulpan mengatakan, jaminan pengamanan tersebut tidak hanya berlaku bagi Gereja Katedral Makassar, sejumlah gereja lainnya yang juga melakukan rangkaian Pekan Suci Paskah juga akan mendapat pengamanan yang sama ketatnya.

"Untuk pengamanan personel yang diturunkan 1600 orang, itu khusus untuk Kota Makassar oleh Polrestabes Makassar," jelas Zulpan.

Seperti diketahui, isu keamanan di Gereja Katedral Makassar menjadi perhatian setelah adanya ledakan bom bunuh diri di depan gereja pada Minggu (28/3). Ledakan bom bunuh diri tersebut menewaskan pasangan suami istri (pasutri) inisial L dan YSF selaku pelaku bom bunuh diri.

Simak juga 'Kondisi Terkini Gereja Katedral Makassar, Lalin Sudah Dapat Dilalui':

[Gambas:Video 20detik]



(nvl/idh)