Round-Up

Menanti Nasib Vaksin AstraZeneca di Sulut Usai Disetop Sementara

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 30 Mar 2021 23:02 WIB
Scientists are done research on vaccine in laboratory with test tubes on Covid19 Coronavirus type for discover vaccine.
Ilustrasi penyuntikan vaksin (Getty Images/iStockphoto/chayakorn lotongkum)

Komnas KIPI lantas mengeluarkan rekomendasi agar vaksin AstraZeneca dilanjutkan. Komnas KIPI mengatakan laporan gejala yang dialami penerima vaksin AstraZeneca di Kota Manado dan Kota Bitung seluruhnya berkategori ringan.

"Saya laporkan ke Pak Menteri Kesehatan bahwa semua yang dilaporkan telah dilakukan investigasi dan data menunjukkan semuanya KIPI ringan," kata Ketua Komnas KIPI Hindra Irawan melalui sambungan telepon, Selasa (30/3/2021) seperti dilansir Antara.

Hindra mengatakan angka kasus KIPI di dua daerah tersebut lebih rendah dari angka yang diperlihatkan pada uji klinis AstraZeneca fase 1, fase 2, dan fase 3 di beberapa negara di dunia.

"Saya tidak hafal jumlahnya, tapi proporsinya sangat rendah dibandingkan ribuan vaksin yang diberikan tentunya. Kalau vaksinnya tuh 4.000 atau 6.000 (dosis)," kata Hindra saat ditanya terkait jumlah kasus KIPI di Kota Manado dan Kota Bitung.

Atas kesimpulan tersebut, Komnas KIPI telah mengeluarkan surat rekomendasi yang ditujukan kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara melalui Tim Komisariat Daerah Kejadian Ikutan Paska Imunisasi (Komda KIPI).

Setelah adanya rekomendasi dari Komnas KIPI, Satgas COVID-19 kebali melanjutkan vaksinasi. Proses vaksinasi telah dilanjutkan sejak 29 Maret 2021.

"Dari serangkaian audit medik ini, didapatlah rekomendasi dari Komite Nasional Pengkajian dan Penanggulangan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi sebagai berikut bahwa vaksin AstraZeneca tetap aman digunakan dengan penguatan surveilans KIPI. Berdasarkan rekomendasi ini, Provinsi Sulut dapat melanjutkan kembali vaksinasi COVID-19 AstraZeneca dan sudah dimulai sejak 29 Maret 2021," kata Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit P2P Dinkes Sulut Steven Dandel, Selasa (30/3).

Dia mengatakan Provinsi Sulut mendapatkan 50 ribu dosis vaksin AstraZeneca pada 23 Maret 2021. Jumlah tersebut teralokasi untuk Kota Manado dan Kota Bitung.

Halaman

(eva/lir)