Round-Up

Terkuaknya Atribut FPI Terduga Teroris Bikin Polisi Telusuri Kaitannya

Tim Deti - detikNews
Selasa, 30 Mar 2021 22:03 WIB
Barang bukti 4 terduga teroris di Jakarta dan Kabupaten Bekasi (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Barang bukti 4 terduga teroris di Jakarta dan Kabupaten Bekasi. (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Polisi menggelar press release empat terduga teroris yang ditangkap di Condet, dan Serangbaru, Kabupaten Bekasi. Saat rilis yang dipimpin Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran, polisi memamerkan barang bukti berupa atribut FPI hingga poster Habib Rizieq Shihab.

Pantauan di Polda Metro Jaya, Senin (29/3/2021), ada baju bertulisan 'FPI' dan buku berjudul 'FPI Amar Ma'ruf Nahi Munkar' yang dipajang dalam deretan barang bukti. Selain itu, ada baju bertulisan 'Laskar Pembela Islam (LPI)'.

Empat terduga teroris itu berinisial ZA, BS, AJ, dan HH. Polisi masih menggali keterkaitan antara 4 orang itu dan FPI, yang sudah dilarang pemerintah.

"Saya katakan tadi korelasi antara ormas terlarang apakah memang mereka tersangkut ini masih dilakukan pendalaman oleh tim penyidik Densus 88," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (30/3).

Selain itu, Yusri mengungkapkan, dari temuan awal, belum ditemukan adanya keterkaitan 4 terduga teroris yang diamankan di Condet dan Bekasi kemarin dengan aksi bom bunuh diri di Makassar. Tujuan dan motivasi dari empat terduga teroris ini masih terus digali oleh petugas.

"Nanti akan disampaikan termasuk terakhir tadi apa motivasi dan tujuannya, masih sangat dini," imbuh Yusri.

FPI membantah ada keterkaitan atribut FPI dengan aksi terorisme. Simak di halaman selanjutnya.

Simak Video: Atribut FPI Diamankan dari Terduga Teroris, Aziz: FPI Sudah Bubar

[Gambas:Video 20detik]